Kenali Efek Berbahaya Membawa Anak Kecil ke Bioskop

in
Kenali Efek Berbahaya Membawa Anak Kecil ke Bioskop
Kenali Efek Berbahaya Membawa Anak Kecil ke Bioskop

Terkadang sebagai orang tua, pasti ingin mengajak anak merasakan berbagai pengalaman seru termasuk menonton film di bioskop. Namun alih-alih membuatnya senang, niat baik ini ternyata memiliki efek samping yang mengerikan.

Para pakar audiologis berpendapat bahwa anak dengan usia di bawah 7 tahun tidak sebaiknya diajak ke bioskop. Selain alasan genre film yang jarang ramah anak, masalah kesehatan organ pendengaran juga bisa terganggu akibat menonton film di bioskop.

Begitu juga jangan membawa bayi ke dalam bioskop. Saluran telinga bayi lebih kecil dan tengkorak mereka lebih tipis dari pada orang dewasa, sehingga tekanan suara memasuki telinga bayi dengan lebih kuat.

Sebenarnya kerusakan pendengaran bukan semata hasil volume suara yang keras, kekuatan tekanan dalam suaralah yang merusak telinga bagian dalam.

Kekuatan tekanan ini dihasilkan dari volume dan durasi pemaparan. Contohnya tingkat kebisingan 80 desibel (lalu lintas kota yang padat) selama 8 jam, dapat menyebabkan kerusakan yang sama, seperti 1 jam di club yang memiliki volume suara jauh lebih keras.

Sebuah penelitian dari School of Parenting menulis, pada film The Lord of The Rings dan The Two Towers memiliki puncak suara 95 desibel dengan rata-rata 75 desibel sepanjang durasi film (3 jam).

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Agar Kamu Bisa Move On Dengan Cepat

Kategori ini sangat tinggi dan memekakan telinga. Sehingga untuk film-film action yang memiliki banyak efek suara seperti ledakan dan tembakan, tingkat kebisingannya bisa jadi jauh lebih tinggi.

Terlebih lagi bioskop Indonesia sedang berlomba memberikan efek suara terbaik yang jela lebih keras dan bertekanan. Padahal bayi dan anak-anak punya telinga yang lebih sensitif daripada orang dewasa.

Menurut The National Institute of Deafness and Other Communcation Disorder, paparan suara di atas 85 desibel dalam jangka waktu lebih dari 1 jam, terutama pada anak kecil dapat mengakibatkan Noise Induced Hearing Loss (NIHL) atau hilangnya kemampuan pendengaran karena faktor kebisingan.

Jangankan anak kecil atau bayi., Anda pun terkadang berasa pusing atau merasa pendengaran ‘kebas’ setelah menonton film dengan banyak suara keras di bioskop, kan? Karena alasan ini, negara Swiss bahkan mengeluarkan larangan untuk anak dibawah 7 tahun menonton bioskop, jadi orang tua pikirka ulang jika ingin mengajak anak atau bayi ke bioskop

Berikan Nilai Untuk Konten ini