Gejala Haid Tidak Normal Sering Terjadi, Wajib Waspada

in
Gejala Haid Tidak Normal Sering Terjadi, Wajib Waspada
Gejala Haid Tidak Normal Sering Terjadi, Wajib Waspada

Periode menstruasi yang dialami setiap wanita berbeda. beberapa wanita dapat mengalami menstruasi selama 2 hari, sementara yang lain mungkin mengalamnya selama seminggu penuh.

Banyaknya darah bisa saja ringan dan nyaris tidak terlihat, sementara wanita lain mengalami pendarahan yang cukup berat sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Tidak jarang juga wanita memutuskan untuk tidak beraktivitas pada hari pertama menstruasi, sementara wanita lain tidak merasakan gejala kram yang mengganggu.

Selama periode menstruasi tetap konsisten, seorang wanita sebetulnya tidak perlu merasa khawatir. Namun, ia harus tetap waspada jika mengalami perubahan pada siklus menstruasi bulanan. Kondisi ini dapat memerlukan penanganan khusus.

Simak baik-baik gejala yang sering terjadi.

Pendarahan diantara periode menstruasi

Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita mengalami kemunculan bercak atau pendarahan di sela-sela periode menstruasi. Beberapa penyebab adalah perubahan dalam kontrol kelahiran, dan yang lainnya memerlukan perawatan oleh dokter.

Penyebab pendarahan diantara periode menstruasi ini bisa terjadi akibat melewatkan atau mengubah pil KB, PMS seperti klamidia atau gonore, PCOS, cedera pada vagina (seperti saat berhubungan seksual), polip atau fibroid uterus, kehamilan, kehamilan ektopik atau keguguran, perimenopause, kanker serviks, ovarium, atau rahim.

Nyeri Payudara

Payudara mungkin terasa sedikit lunak selama menstruasi. Penyebab ketidaknyamanan terebut adalah fluktuasi kadar hormon. Terkadang ada rasa sakit tepat di ketiak di mana ada beberapa jaringan payudara yang disebut Tail of Spence.

Jika payudara sakit atau sakit tidak seperti siklus bulanan, kamu harus mewaspadainya. Meskipun nyeri payudara biasanya bukan karena kanker, tetapi itu bisa merupakan gejala penyakit yang serius.

Diare atau muntah

Beberapa wanita mengalami sakit perut saat menstruasi. Setidaknya 73 persen wanita melaporkan mengalami sakit perut, diare, atau keduanya sekitar waktu menstruasi mereka.

Jika gejala-gejala ini tampak tidak normal, ini bisa mengindikasi kondisi medis yang serius. Diare atau muntah yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, maka pemeriksaan di rumah sakit perlu segera dilakukan.

Avatar

Written by Bayu Pamungkas