7 Mitos dan Fakta Coronavirus! Benarkah Bawang Putih Mencegah Infeksi Virus Corona?

in
Fakta Corona
Credit Image: Dream.co.id

Sejak akhir tahun 2019, banyak orang yang khawatir akan jenis baru virus corona, yaitu 2019-nCoV. Virus yang awalnya menginfeksi banyak orang di Tiongkok ini makin ke sini, makin menginfeksi orang-orang di luar Tiongkok, termasuk Indonesia meskipun masih sedikit kasus.

Karena itu, banyak informasi simpang siur tentang coronavirus penyebab penyakit COVID-19 tersebut. Untuk menjawab itu semua, berikut kami rangkum mitos dan fakta tentang virus corona 2019-nCoV .

1. Bawang Putih Bisa Mencegah Infeksi Virus Corona?

Bawang putih memang mengandung banyak kandungan yang bermanfaat dan menyehatkan bagi tubuh, termasuk antimikroba. Mengonsumsi bawang putih juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh kita.

Meskipun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita bahkan terhadap imunitas kita, belum ada bukti bahwa mengonsumsi bawang putih bisa mencegah seseorang terinfeksi coronavirus.

2. Menyemprotkan Alkohol dan Klorin ke Tubuh Bisa Membunuh Virus Corona?

Alkohol dan Klorin bisa membunuh kuman dan virus, namun hanya pada permukaan tubuh saja. Menyemprotkan alkohol dan klorin ke tubuh tidak bisa membunuh kuman atau virus yang sudah masuk ke dalam tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kandungan Dalam Telur Sehat Untuk Tubuh dan Otak

Senyawa ini bahkan berbahaya bagi selaput lendir yang ada di mata dan mulut. Meskipun bisa membunuh kuman dan virus di area permukaan tubuh, pemakaian alkohol dan klorin pun ada aturan tertentunya.

3. Benarkah Hand Dryer Ampuh Membasmi Virus Corona?

Virus corona 2019-nCoV tidak bisa dibasmi dengan Hand Dryer atau alat pengering tangan. Untuk membersihkan tangan, kita bisa melakukan dua cara, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Mencuci tangan dengan sabun lebih baik dibandingkan dengan menggunakan hand sanitizer. Jika kalian menggunakan hand sanitizer, lihatlah kadar alkohol pada label kemasan. Jika di bawah 60 persen, maka hand sanitizer tersebut tidak bisa membasmi kuman dan virus.

4. Benarkah Coronavirus Hanya Menginfeksi Orang Dewasa?

Meskipun orang tua dengan riwayat kondisi kesehatan tertentu lebih rentan mengalami gejala serius ketika terinfeksi coronavirus, namun virus corona tidak memandang usia untuk menginfeksi.

Mulai dari bayi hingga dewasa semua bisa terkena virus ini. Oleh karena itu pencegahan harus dilakukan oleh semua orang di segala usia. Yaitu menjaga kebersihan.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menghilangkan Bau Pada Mulut

5. Apakah Aman Menerima Paket dari Tiongkok?

Karena asal coronavirus 2019-nCoV dari Tiongkok, tak sedikit orang yang cemas dan khawatir menerima paket dari Tiongkok. Sebenarnya paket dari Tiongkok aman untuk diterima, dan sang penerima paket tidak berisiko terinfeksi oleh virus tersebut.

Berdasarkan para ahli, coronavirus tidak bisa bertahan lama di permukaan termasuk benda-benda seperti surat atau dokumen.

6. Benarkah Lampu dengan Cahaya Ultraviolet Bisa Membasmi Virus Corona?

Pendapat ini tidaklah benar, lampu ultraviolet bahkan tidak boleh digunakan untuk mensterilkan tangan atau area kulit karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

7. Bisakah Hewan Peliharaan Menularkan Coronavirus 2019-nCoV?

Hingga saat ini, belum ada bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa terinfeksi dan menularkan coronavirus 2019-nCov kepada manusia. Namun kita tetap perlu mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh hewan.

Selain untuk berjaga-jaga, kita juga bisa terhindar dari bakteri E.coli atau Salmonella yang bisa ditularkan hewan kepada manusia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini