3 Jenis Masker Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

in
3 Jenis Masker
Credit Image: Hello Sehat

Banyak orang melakukan tindakan pencegahan dengan menyebarnya virus corona atau Covid-19. Salah satunya ialah dengan menggunakan masker. Padahal, menurut para ahli kesehatan, orang sehat tak perlu menggunakan masker. Masker hanya digunakan oleh orang yang sakit atau yang sudah terinfeksi corona saja.

Meskipun begitu, tetap banyak orang sehat yang menggunakan masker. Nah kali ini kita akan membahas 3 jenis masker yang mungkin belum kalian ketahui.

1. Masker Kain

Masker Kain
Masker kain | BP Guide

Masker kain biasanya digunakan oleh para pengendara motor. Masker ini berbahan dasar kain, dan digunakan sebagai pelindung hidung dan mulut dari debu.

Masker jenis ini bisa dicuci dan dipakai kembali. Sangat umum digunakan oleh para pengendara motor di kawasan Asia Tenggara. Meskipun demikian, masker ini justru tidak disarankan untuk digunakan.

Masker ini mudah lembab dan basah, hal itu yang membuat jadi tempat yang baik bakteri dan kuman berkembang biak. Terlebih lagi, jika pengguna masker jarang mencuci maskernya.

2. Masker Bedah

Masker Bedah
Masker Bedah | Tribun

Kebanyaka orang akan menggunakan masker bedah ini di kegiatan sehari-hari mereka. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan masker ini. Masker ini mudah ditemukan dijual di apotek atau mini market di sekitar kalian.

ARTIKEL TERKAIT •
Hati-hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

Pada umumnya, masker bedah yang cenderung berwarna hijau putih ini digunakan oleh dokter saat melakukan pembedahan atau prosedur medis. Sebenarnya masker ini memiliki fungsi mencegah air liur atau batuk mengontaminasi area operasi yang steril.

Selain itu, masker ini juga sebenarnya lebih cocok digunakan oleh orang sakit agar tidak menularkan penyakitnya lewat doplets atau air liur, dibandingkan digunakan oleh orang yang sehat.

3. Masker N95

Masker N95
Masker N95 | Okezone

Masker N95 sering disebut juga masker resipirator, merupakan jenis masker anti-polusi yang biasanya digunakan untuk melindungi hidung dan mulut dari asap. Masker ini mampu menyaring polutan dan partikel halus hingga 95 persen.

Itulah mengapa masker ini dinamai N95. Masker ini cocok untuk orang yang sering beekrja di luar daerah perkotaan dan juga untuk orang yang sensitif yang menderita infeksi saluran pernapasan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini