Perhatikan 5 Fakta Berikut Sebelum Menggunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan

in
Hand Sanitizer
Credit Image: CNN Indonesia

Di musim penyakit seperti sekarang, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan. Salah satunya ialah dengan mencuci tangan setelah beraktivitas dari luar rumah. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kita dari kontaminasi baketri dan virus.

Kita bisa mencucinya dengan air dan sabun, selain mencuci tangan, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) untuk membersihkan tangan kita. Nah, sebelum kita menggunakan hand sanitizer, kita perlu ketahui terlebih dulu 5 fakta berikut ini!

1. Dibandingkan Menggunakan Cairan Pembersih, Mencuci Tangan Lebih Baik

Cuci Tangan
Cuci tangan | Kompas

Cuci tangan merupakan satu-satunya cara terbaik untuk membunuh kuman, sebelum cairan pembersih ada. Dokter bedah selalu melakukan cuci tangan dibandingkan membersihkan tangan dengan cairan pembersih di scrub room mereka.

Karena cairan pembersih tidaklah cukup. Jika disuruh memilih antara membersihkan tangan dengan cairan pembersih atau cuci tangan, pilihlah cuci tangan.

2. Tidak Boleh Digunakan pada Luka

Jika memiliki luka di sekitar tangan, jangan gunakan cairan pembersih tangan untuk membersihkan tangan. Karena luka yang terkena hand sanitaizer ditakutkan akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Wanita Lebih Mudah Cepat Gemuk Dibandingkan Pria?

3. Tidak Digunakan Untuk Membersihkan Sisa Makanan

Tak sedikit orang yang mengira bahwa cairan pembersih tangan bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang tidak terlihat dan terlihat. Oleh karena itu, banyak pula yang mengira bahwa hand sanitizer bisa membersihkan sisa makanan pada piring dan sendok.

Padahal, hanya menggunakan cairan pembersih tangan saja, tidak akan bisa membersihkan kotoran sisa makanan. Kita juga memerlukan air dan sabun untuk membersihkan sisa makanan tersebut.

4. Bisa Membuat Iritasi di Kulit

Alkohol yang terkandung dalam cairan pembersih tangan memang ampuh untuk membunuh kuman. Namun, karena kandungan alkohol itu pula, tangan kita bisa iritasi.

Alkohol pada hand sanitizer bisa menghilangkan penghalang protein esensial dan lemak. Selain tangan kita bisa iritasi, kulit pada tangan kita juga bisa terjadi kekeringan.

Oleh karena itu, hindari penggunaan cairan pembersih tangan secara berlebihan.

5. Periksa Kandungan Alkoholnya

Periksalah kandungan alkohol pada label kemasan hand sanitizer. Jika kandungan alkoholnya di bawah 60 persen, maka hand sanitizer tersebut tidak bisa dipakai untuk membersihkan tangan.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kandungan Dalam Telur Sehat Untuk Tubuh dan Otak

Tak sedikit produk cairan pembersih tangan dengan pewangi yang ternyata kandungan alkoholnya tidak memenuhi syarat untuk mampu membunuh kuman.


Nah itulah 5 fakta yang harus kita ketahui sebelum menggunakan cairan pembersih tangan. Di musim penyakit ini, tetaplah menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan di sekitar kita.

Sebab kuman dan virus selalu ada di manapun itu. Stay safe and health.

Berikan Nilai Untuk Konten ini