menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan 5 Manfaat Menyehatkan Dari Kebiasaan Tidur Telanjang

5 Manfaat Menyehatkan Dari Kebiasaan Tidur Telanjang

Manfaat menyehatkan dari tidur telanjang
Benefits Of Sleeping Naked

Berikut adalah manfaat menyehatkan yang bisa kita dapat dari kebiasaan tidur telanjang

Gak memungkiri, masih banyak dari kita yang tidur dengan menggunakan baju dan celana. Seminim-minimnya adalah pakai kaos dan celana dalam (underwear) atau, tidak pakai nahu tapi pakai celana dalam saja.

Memang sih hal ini merupakan kebiasaan masing-masing dan juga, banyak dari kita yang sudah di-doktrin oleh orang tua kita bahwa, “telanjang itu gak baik”, “telanjang itu dosa”. Terkecuali dalam keadaan yang mengharuskan seperti, mandi.

Namun tahukah kamu? Kebiasaan tidur telanjang atau tanpa busana sama sekali, justru akan memberikan manfaat menyehatkan super signifikan bagi tubuh kita.

Gak percaya? Nih langsung saja simak 5 faktanya berikut seperti yang dilansir dari Casper.

1. Membuat Tidur Lebih Cepat Lelap dan Nyenyak Banget

manfaat menyehatkan tidur telanjang
Membuat tidur jauh lebih cepat lelap | Shape Magazine

Manfaat menyehatkan dari kebiasaan tidur telanjang pertama, adalah kualitas tidur kita akan jauh lebih cepat lelap dan nyenyak banget.

Dan seperti kita tahu, tidur yang cepat lelap lagi nyenyak, akan membuat kualitas tidur benar-benar maksimal. Kalau kualitas tidur sudah benar-benar maksimal, tentunya seluruh keadaan tubuh akan jauh lebih sehat.

Mengapa bisa seperti ini? Pada esensinya, agar bisa tidur nyenyak, tubuh kita harus mendapatkan suhu / temperatur yang dingin lagi sejuk (sekitar 15-20 derajat celcius).

Nah mengenakan baju / pakaian walau kamar kita sudah pakai AC sedingin kulkas, pada akhirnya akan tetap menghangatkan tubuh kita. Ya logika dasar banget ini bukan? Pakaian diciptakan untuk menghangatkan tubuh kita.

Jadi ya logikanya juga, bagaimana tubuh bisa memerintahkan kita untuk tidur nyenyak, kalau ia sendiri merasa gerah satu badan? Jadi yap bebaskanlah seluruh satu badanmu itu dari lekatan pakaian yang menempel di seluruh tubuh.

2. Seluruh Pemukaan Kulit Akan Tetap Sehat

709298ba97
Kulit akan jauh lebih sehat | Mogul

Memiliki kondisi permukaan kulit sehat bukan hanya sekedar “tetap cantik dan mulus”. Tapi permukaan kulit yang sehat dan segar, juga bisa cepat menyembuhkan kondisi luka-luka yang mungkin ada di kulit kita saat ini.

Nah menurut studi yang dipublikasikan di jurnal berjudul American Societies for Experimental Biology. Terlihat bahwa tidur dalam keadaan telanjang, akan mempercepat dan menyenyakkan tidur kita.

Alhasil kualitas tidur yang oke tersebut secara gak langsung, akan merangsang kulit untuk selalu sehat dan segar. Tidak hanya luka-luka atau sakit-sakit di badan cepat sembuh, permukaan kulit yang sehat dan segar, akan menghindari kita dari penuaan dini.

3. Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Miss V Ilustrasi 150808233017 887
Bagian bawah Ms. V akan sehat terus | Republika

Pantas saja banyak wanita (terutama di barat) yang tidur tanpa busana. Ternyata kebiasaan sering mengenakan bra dan celana dalam saat tidur sangat merugikan kesehatan payudara dan terutama, reproduksi wanita.

Oke mungkin untuk bagian bra dan payudara kamu semua sudah tahu. Tapi bagaimana untuk bagian reproduksi aka vagina?

Jadi menurut banyak pakar ginekologis, kebiasaan sering pakai celana dalam saat tidur akan meningkatkan peluang kita yang wanita, untuk terkena infeksi yeast atau Ragi Vagina. Jadi sekali lagi nih, bebaskanlah seluruh tubuhmu dari satu benang pun ketika tidur.

4. Melindungi Kesuburan Pria

1751126ilustrasi Penis Hilang780x390
Sperma akan sehat | Kompas Health

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Andrology. Diketahui bahwa ketika menggunakan celana dalam, pada esensinya akan mempengaruhi jumlah sperma dan tingkat kesuburan seorang pria.

Terlebih jika celana dalamnya adalah yang model ketat dan pas banget. Model seperti ini akan merusak sperma kita. Jadi yap buka semuanya ketika tidur oke?

5. Melangsingkan Tubuh

Begini Cara Melangsingkan Tubuh Secara Alami
Mau langsing? Ya tidur telanjang! | Alodokter

Berdasarkan review sistematik yang dipublikasikan di Obesity Society. Terbukti bahwa kebiasaan tidur telanjang akan bia mempengaruhi bobot badan kita.

Sehingga, bobotnya bisa mengecil bahkan menjadi ideal. TAPI hal ini gak akan tercapai apabila kamu tidak memiliki durasi tidur yang cukup dan juga, banyak makan menjelang tidur.

Usahakan waktu tidur antara 6-8 jam. Lalu biasakan makan malamnya, 2-3 jam sebelum waktu tidur oke? Semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam sehat ya guys!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks