4 Trik Keren Agar Bisa Berkendara Dengan Aman

in
Aman berkendara tips

Menurut data yang didapatkan oleh Association for Safe International Road Travel , lebih dari satu juta orang meninggal dunia akibat dari kecelakaan mobil di jalan raya.

Mau itu yang meninggal yang dibalik setir atau, menjadi yang ditabrak (pejalan kakinya), pokoknya sudah terlampau banyak yang meninggal dunia gara-gara kecelakaan di jalan raya.

Dan lebih mirisnya, sebenarnya hal ini bisa banget kita hindari. Cuma ya itu, terkadang kitanya aja yang suka terlalu cuek. Padahal seperti kita tahu sekali lagi, cuek akan mencelakai orang sekitar.

Oleh karenanya yuk mari kita kurangi atau bahkan hentikan jumlah kecelakaannya dengan mengikuti 4 trik keren berkendara aman berikut ini.

1. Jangan Menggunakan Ponsel

Yap. Hingga sekarang, kasus kecelakaan gara-gara kedua mata pengendaranya lebih fokus terhadap deringan-deringan telepon yang masuk tiada henti.

Padahal sifat dari ponsel atau smartphone, adalah distracting (mengganggu fokus). Bahkan satu deringan ringtone pun sangat mengganggu. Jadi ya saran gue, kalau lagi setir dimatikan dulu smartphone.

Atau setidaknya di-islent baik ringtone maupun getarannya (vibrate). Dengan demikian kamu gak selalu men-cek cek telponmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Memilih Makanan Kucing yang Berkualitas

2. Jangan Berkendara Dalam Keadaan Mabuk Atau Lelah

Kasus berkendara dalam keadaan mabuk (DUI) sering banget terjadi di Amerika Serikat. Di Indonesia walau sangat jarang, tapi adalah 1-2.

Dan tentunya berkendara dalam keadaan ini sangatlah berbahaya. Karena bisa membuat kita tidak sadar atau ya mabuk berat. Makanya tidak heran bahkan di A.S saja, Polantas-nya, langsung menilang pengendara seperti ini.

Hal yang sama juga dikatakan bila kita berkendara dalam keadaan capek berat. Dan gak sedikit kasus kecelakaan gara-gara ini. Jadi pastikan kamu harus fit dulu keadaan sebelum berkendara ya!

3. Jangan Mengendarai Mobil Yang Tidak Prima

Ya percaya atau tidak, beberapa kasus kecelakaan justru terjadi karena keadaan mobil yang dikendarai gak prima. Entah lampu ekor pecah, lampu sen tidak rusak, bahkan perseneling yang tidak bisa digerakkan.

Yang parah, ada juga yang gara-gara rem blong parah. Nah agar menghindari hal ini, sering seringlah cek ke bengkel. Ingat, mobil dalam keadaan baik, dijamin semuanya menjadi lancar jaya.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Beberapa Kota di Dunia Melarang Penjualan Mobil Hitam Baru

4. Sabar

Bahkan di agama saja diajarkan kalau kita sabar, Tuhan akan lebih dekat dengan kita. Nah mirisnya, masih banyak banget orang yang berkendarannya seperti gak sabaran.

Biasanya dikarenakan mengejar waktu agar tidak terlambat sama sampai sekolah atau kantor. Alhasil, ketika berkendara langsung ngebut hingga 120 km / jam, atau main selip sana, selip sini.

Padahal aksi seperti ini, justru akan mencelakakan diri kita. Jadi ya sabar dan ikuti saja alur lalu lintas yang ada. Kalau memang gak mau terlambat, ya usahakan kamu bangun lebih pagi oke?

Semoga tips-nya bermanfaat!

Berikan Nilai Untuk Konten ini