Ladies Harus Tahu, 6 Kebiasaan Sepele Yang Membuat Kulit Wajah Mudah Berminyak

in
Kebiasaan Sepele Yang Membuat Wajah Berminyak
Kebiasaan Sepele Yang Membuat Wajah Berminyak

Semua orang pasti tidak ingin memiliki kulit wajah yang berminyak. Apalagi bagi seorang wanita. Itu akan menjadi masalah yang sangat serius bagi mereka. Karena dengan kulit wajah berminyak akan membuat mereka tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tiap orang pun memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang mudah kering, mudah berminyak, atau kulit kombinasi. Maka dari itu ladies, kamu harus tahu apa-apa saja hal atau penyebab kulit wajah mudah berminyak. Termasuk kebiasaan-kebiasaan sepele dibawah ini.

1. Makan-makanan Junk Food atau makanan berminyak

Mengkonsumsi Junk Food
Mengkonsumsi Junk Food |via Unsplash

Kebiasaan sepele pertama yang dapat membuat kulit wajah berminyak adalah mengkonsumsi junk food atau makanan yang berminyak. Jika kamu sering mengkonsumsinya, lebih baik diimbangi juga dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran atau buah-buahan.

2. Jarang pakai pelembab

Jarang Menggunakan Pelembab
Jarang Menggunakan Pelembab | via Unsplash

Kamu harus tahu, kalau wajah berminyak juga harus memerlukan pelembab juga lho. Karena pelembab bermanfaat untuk melembabkan wajah dari kekeringan atau mengimbangi kadar minyak. Gunakan pelembab yang mengandung non-comedogenic atau oil-free, agar minyak pada wajah tidak semakin banyak.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Orang-Orang Biasa Ini Mirip Tokoh Terkenal Dunia, Ini 7 Buktinya

3. Sering melakukan scrubbing

Sering Melakukan Scrubbing
Sering Melakukan Scrubbing | via https://jatim.tribunnews.com/

Memang banyak wanita sering melakukan scrubbing atau eksfoliasi dengan tujuan untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah. Akan tetapi, perlu diketahui melakukannya terlalu sering malah membuat wajah menderita iritasi, dan semakin banyak minyak.

4. Membasuh wajah dengan air hangat

Membasuh Wajah Menggunakan Air Hangat
Membasuh Wajah Menggunakan Air Hangat | via Unsplash

Tidak sedikit orang yang mempercayai kalau membasuh wajah dengan air hangat akan membuat minyak pada wajah akan menghilang. Namun pernyataan tersebut agak rancu. Karena kenyataannya membasuh wajah dengan air hangat malah akan membuat minyak alami pada wajah akan berkurang drastis. Dan membuat wajah akan lebih banyak memproduksi minyak.

5. Seringkali mencuci wajah

Seringkali Mencuci Wajah
Seringkali Mencuci Wajah | via https://www.sehatq.com/

Satu lagi pernyataan yang salah, bahwa jika sering mencuci wajah dengan air akan membuat wajah menjadi bersih dan lembab. Jelas pernyataan ini salah. Kenyataannya mencuci wajah terlalu sering akan membuat kelenjar minyak akan membawa minyak lebih banyak pada wajah. Oleh karena itu, cucilah wajah dengan sewajarnya saja.

6. Menggunakan bedak yang tebal banget

Memakai Bedak Terlalu Tebal
Memakai Bedak Terlalu Tebal | via https://id.herstyleasia.com/

Kebiasaan sepele ini acap kali sering dilakukan oleh banyak wanita. Memang dengan memakai bedak kulit wajah akan lebih matte. Namun, jangan memakainya terlalu tebal. Karena, itu akan membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat yang malah dapat menimbulkan berbagai penyakit lainnya, selain dari wajah sangat berminyak.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Orang Zaman Dulu Tidak Mau Tersenyum Ketika Difoto?

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja kebiasaan-kebiasaan sepele mengapa kulit wajah mudah berminyak. Lebih baik kamu menghilangkan kebiasaan ini. Karena, jika tidak, ya siap-siap saja kamu di cap sebagai wanita yang tidak mampu merawat wajah. Nggak enak kan, ladies?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.