MoviepediaMitospedia

10 Kisah Asli Dongeng Disney Yang Mengerikan

Halo Sobat BebasPedia! Dongeng-dongeng populer di dunia dari kisah Cinderella hingga Sleeping Beauty menawari cerita yang nyaris Mirip. Berawal dari gadis cantik yang baik hati yang mendapat kemalangan dan akhirnya bisa hidup bahagia dengan pangeran gagah itu selama-lamanya.

Selama bertahun-tahun anak-anak disuguhkan dengan cerita-cerita yang memberikan pesan bahwa kebaikan bakal senantiasa menang melawan Kriminal. Kira-kira seperti itulah pesannya.

Tapi siapa yang dapat menyangka bahwa di balik kisah dongeng-dongeng populer yang setelah itu kebanyakan diadaptasi oleh perusahaan animasi terkenal dunia, Disney ini menaruh kisah kelam yang mengerikan. Seperti beberapa Kisah Asli Mengerikan Di Balik Dongeng Disney.

10 Kisah Asli Dongeng Disney Yang Mengerikan

Si Kerudung Merah (Red Riding Hood)

World Paintings 1371561302 B

Si Kerudung Merah (Red Riding Hood) merupakan sebuah dongeng yang berasal dari Eropa, tepatnya Perancis. Dongeng ini mengisahkan mengenai seorang gadis yang menggunakan kerudung merah dan seekor serigala besar yang jahat.

Diceritakan bahwa gadis berkerudung merah melintasi hutan untuk mengjenguk neneknya yang sedang sakit. Walaupun kisah ini telah mengalami banyak perubahan tapi yang paling populer adalah kisah yang dibuat oleh Grimm Brothers ini.

Sementara itu, ada sebuah kisah Si Kerudung Merah yang dianggap merupakan kisah asli. Kisah asli ini ditulis pada tahun 1697 oleh Charles Perrault. Tapi tidak sama dengan kisah yang ditulis oleh Grimm Brothers di mana Si Kerudung Merah dan neneknya pada akhirnya dikisahkan selamat dari kejahatan sang serigala, pada cerita versi Charles Perrault justru sebaliknya.

Diceritakan bahwa setelah sang serigala berhasil membunuh nenek Si Kerudung Merah, serigala jahat itu kemudian menghidangkan daging sang nenek dan darahnya dijadikan minuman untuk disantap oleh Si Kerudung Merah. Sementara itu sang serigala menyamar menjadi sang nenek. Setelah menyantap sajian yang diberikan sang serigala, kemudian Si Kerudung Merah pun akhirnya juga dibunuh oleh serigala.

Pangeran Kodok (The Frog Prince)

Fairy4

The Frog Prince adalah salah satu karya populer karangan Grimm Brothers. Dikisahkan bahwa ada seorang putri cantik nan baik hati yang mencium seekor kodok setelah itu kodok tersebut berubah menjadi seorang pangeran tampan.

Versi asli dari kisah ini menyatakan bahwa sang putri dan sang kodok membuat suatu perjanjian. Tetapi karena sang kodok ingkar pada janjinya maka putri tadi melemparkan sang kodok ke dinding dan mengubahnya menjadi manusia. Jadi tidak ada kisah tentang putri yang mencium kodok.

Sementara itu, versi lain yang lebih sadis menyatakan bahwa karena telah ditipu oleh sang kodok, sang putri yang geram besar kemudian memenggal kepala kodok tersebut hingga mati.

The Little Mermaid

80247 Little Mermaid

The Little Mermaid adalah sebuah dongeng terkenal karangan Hans Christian Anderson pada tahun 1837. Dikisahkan tentang seorang putri duyung yang memiliki suara indah. Putri duyung ini kemudian menggantikan suara indahnya demi memiliki sepasang kaki layaknya manusia. Ia melakukan ini demi seorang pangeran yang dicintainya, walaupun mesti merasakan sakit yang amat sangat setiap kali kakinya melangkah.

Ia menari dengan indahnya di istana sang pangeran. Tapi sangat disayangkan sang pangeran justru memilih perempuan lain. Putri duyung pun amat kecewa. Ia lalu menceburkan dirinya ke lautan dan berubah menjadi buih di samudera luas.

Pide Piper of Hamelin

4b397c971400730e9327f5412bea91f2 Stage Backdrops The Rats

Dikisahkan ada suatu desa yang dipenuhi oleh tikus-tikus. Penduduk desa yang merasa resah dan terganggu akhirnya memanggil seseorang untuk mengusir tikus-tikus tersebut. Orang tersebut ialah seorang laki laki yang memakai baju warna-warni dengan seruling di tangannya. Laki laki ini selanjutnya mulai meniup seruling tersebut dan akhirnya berhasil mengeluarkan tikus-tikus tersebut dari desa.

Tapi nyatanya ada kisah mengerikan terselip. Menurut Cerita, penduduk desa malas membayar sang peniup seruling yang telah mengusir tikus-tikus ke luar dari desa. Untuk membalasnya, Pide Piper kemudian meniup serulingnya dan membawa anak-anak ke sungai dan menenggelamkan 130 anak. Menurut kisah hanya ada satu orang anak yang selamat karena kelelahan mengikuti Pide Piper di perjalanan.

Cinderella

Cindrella 1024x576

Cinderella adalah salah satu kisah dongeng paling ternama di dunia. Kisahnya sendiri nampaknya telah banyak yang sudah mengetahuinya, yakni tentang seorang gadis baik hati bernama Cinderella yang tinggal bersama ibu tiri dan dua orang saudara tirinya bernama Anastasia dan Drizella.

Pada umumnya kisah Cinderella bercerita mengenai Cinderella yang baik hati setelah dirinya berjumpa dengan seorang pangeran rupawan lewat suatu acara pesta dansa. Pada tengah malam Cinderella pulang terburu-buru sehingga meninggalkan sebelah sepatu kacanya. Sang pangeran lantas mencari pemilik sepatu tersebut ke pelosok negeri.

Singkat cerita Cinderella selanjutnya ditemukan oleh pangeran setelah sebelumnya ibu tiri dan dua saudara tirinya berusaha untuk mengelabui sang pangeran. Cerita pun ditutup dengan Cinderella yang kemudian memaafkan ibu dan saudara tirinya, dan setelah itu Cinderella hidup bahagia bersama sang pangeran selama-lamanya.

Tapi nyatanya, ada sebuah kisah mengerikan yang diakui merupakan versi asli dari kisah ini. Dikisahkan bahwa disaat mencoba menggunakan sepatu yang ditawarkan pangeran, ke-2 saudara tiri Cinderella rela memotong kakinya supaya pas dengan ukuran sepatu tersebut.

Malangnya, bukan hanya harus memotong kaki mereka saja, mata ke-2 saudara tiri Cinderella juga dipatuk oleh burung yang menyebabkan mereka buta dan menjadi pengemis hingga akhir hayatnya.

Sleeping Beauty

Henry Meynell Rheam Sleeping Beauty

Kisah Sleeping Beauty pada umumnya bercerita mengenai seorang putri yang dikutuk tertidur dalam waktu yang lama. Pada akhirnya suatu hari seorang pria tampan menciumnya sehingga dia tersadarkan diri. Sang putri dan pria tadi lalu menikah dan hidup bahagia selama-lamanya.

Kisah Sleeping Beauty nyatanya dikarang oleh seorang penyair Italia bernama Giambattista Basile dan dipublikasikan pertama kali tahun 1634. Dikisahkan ada seorang putri kerajaan yang tertusuk jarum yang menyebabkannya tertidur. 

Namun, putri itu mengalami tidur yang lama dan panjang sehingga membuat sang raja khawatir dan bersedih akan nasib putrinya.

Pada suatu hari seorang pemuda masuk ke dalam istana dan menemukan putri tersebut di dalam salah satu kamar di kerajaan. Pemuda tadi selanjutnya memperkosa sang putri yang akhirnya melahirkan anak kembar 9 bulan.

Setelah itu, anaknya ini kemudian menyedot jari putri yang ternyata mengeluarkan jarum yang menyebabkannya ia dikutuk tertidur dalam waktu yang lama. Saat itulah sang putri terbangun dan menyadari dia telah melahirkan dua bayi kembar.

Hensel dan Gretel

Fairy10

Kisah Hensel dan Gretel yang cukup terkenal dikenang sebagai kisah perjuangan anak-anak. Diceritakan bahwa Hensel dan Gretel merupakan kakak beradik yang dibuang oleh orang tuanya.

Dengan menggunakan remah-remah roti, mereka kemudian membuat jejak ke dalam hutan. Tapi malangnya, remah-remah roti tersebut dimakan oleh burung-burung sehingga mereka tidak dapat kembali ke rumah.

Di tengah hutan mereka akhirnya menemukan sebuah rumah permen. Ternyata pemilik rumah permen tersebut tidak lain ialah seseorang penyihir jahat. Tetapi berkat kegigihan dan kecerdikan mereka, mereka mampu kelur dari hutan tersebut dan berhasil selamat.

Kisah Hensel dan Gretel yang asli konon ditujukan untuk pembaca dewasa dan mirisnya lagi mengangkat tema tentang kanibalisme. Menurut kisah aslinya, orang tua anak-anak ini suka menyiksa mereka.

Mereka pun kabur ke hutan. Tapi malangnya di hutan mereka justru berjumpa dengan seorang kanibal yang akhirnya membunuh dan memakan daging mereka.

Snow White

Snow White Digital Hd Queen 1

Dalam kisah asli Snow White, Si Ratu bukan meminta jantung Snow White, melainkan liver dan paru-parunya yang selanjutnya bakal dijadikan santapan pada malam itu.

Setelah mengetahui bahwa Snow White belum tewas, ia mencoba membunuh Snow White dengan 3 cara. Yakni dengan cara menarik korsetnya kencang-kencang, memakai sisir beracun dan akhirnya memanfaatkan apel beracun.

Para kurcaci yang mengira Snow White telah mati meletakannya di peti mati. Si Pangeran lewat dan menyaksikan kecantikan Snow White, ia-pun mengambil pulang peti mati dan mayat Snow White dengan tujuannya yang tidak baik.

Sewaktu peti mati Snow White ditarik kuda, Snow White memuntahkan potongan apel beracun dari mulutnya dan ia terbangun selanjutnya menikahi Si Pangeran, perlu diketahui bahwa ia terbangun karena guncangan kuda bukan ciuman Pangeran.

Yang mengerikannya lagi, sebelum menikah Si Ratu dipaksa mengenakan sepatu besi yang sangat panas dan dipaksa menari hingga ia meninggal.

Pocahontas

1osbqbq0f R9xp5fi9zelcw C3c5709e77c66ab4810613417de38d9e

Seorang perempuan pribumi yang menyelesaikan perselisihan pihak Inggris dan kaum pribumi dengan cintanya bersama laki laki Inggris. Tentu kisah itu sangat memukau dan penuh cinta. Tapi pada kenyataannya Pocahontas diculik, diperkosa dan dibunuh.

Di kisah aslinya, Pocahontas diringkus oleh pihak Inggris dan dijadikan tawanan. Suaminya dibunuh dan Pocahontas diperkosa berkali-kali hingga hamil.

Setelah itu ia dinikahkan dengan seorang petani tembakau bernama John Rofle supaya kehamilannya nampak sah. Pocahontas-pun dijadikan simbol dari orang pribumi buas yang berhasil dijinakkan.

Tidak lama setelah itu, Pocahontas mengetahui bahwa orang Inggris memiliki rencana untuk melenyapkan kaum pribumi. Karena Orang-orang Inggris takut rencananya disebarluaskan, Pocahontas pun dibunuh dengan racun. Pocahontas saat itu hanya berusia 20 tahun.

Hercules

Ae7b162c624845b3a97f18491e065085 Small

Film Disney mengenai Hercules berakhir dengan Hercules hidup bahagia selamanya bersama Megara, kekasihnya. Tapi tahukah Anda tentang asal mula cerita Hercules dalam kisah mitologi? Hercules adalah nama lain dari Heracles, di mana ia merupakan anak Zeus yang lahir dari perselingkuhan Zeus dengan Alcmene.

Diceritakan bahwa dalam Mitologi Heracles memilik banyak kekasih dan merupakan simbol dari kekuatan Seks. Ia menikahi Megara, memiliki dua anak tapi pada akhirnya membunuh ke-2 anak serta Megara sendiri karena disihir oleh Hera (istri Zeus).

Singkat Cerita, istri yang lain yang bernama Deianeira memberikan Heracles sebuah racun yang dikiranya adalah obat cinta. Hal ini karena Deianeira mengira Heracles sudah tidak mencintainya, yang tidak ia ketahui yakni obat cinta itu merupakan racun mematikan yang berisi racun Hydra.

Racun tersebut-pun membakar kulit Heracles. Sewaktu ia mencoba merobek bajunya, ia juga merobek kulitnya membuat tulangnya Kelihatan. Hal ini membuat Deianeira bunuh diri dan Philocletes (terkadang dikenal sebagai murid atau rekan Hercules) membuat api yang di mana dimanfaatkan Heracles untuk membakar dia hidup-hidup.

Tapi karena dia abadi, ada bagian dalam dirinya yang abadi dan kembali menjadi dewa di Olimpus bersama dengan Hera dan Zeus. Mereka-pun akhirnya hidup bersama.

Nah Fodkers, itulah 10 Kisah Asli Dongeng Disney Yang Mengerikan. Bagaimana nih menurut kalian? Apakah kalian takut untuk menyaksikan film-film Disney di atas? Tapi tenang saja, kita harus bersyukur karena Disney melakukan sensor dan mengubah seluruh cerita itu menjadi sebuah kisah penuh cinta yang menyentuh hati.

Sumber : https://www.merinding.com/2017/03/7-kisah-mengerikan-di-balik-dongeng-anak-anak-terkenal.html

Related Posts