Mengapa Jodie Foster Tidak Kembali Sebagai Clarice Sterling di Sekuel The Silence of the Lambs?

in
Clarice Sterling Jodie Foster
Jodie Foster & Anthony Hopkins | © Orion Pictures

Tak dipungkiri dari semua peran dan proyek-proyek filmnya, sosok aktris veteran Jodie Foster (Panic Room), lebih dikenal sebagai agen FBI, Clarice Sterling di The Silence of the Lambs (1991).

Bagi kamu yang mungkin lupa atau memang belum pernah sama sekali menyaksikan, langsung saja simak di cuplikan video berikut ini.

Ya itu dia sosok Clarice-nya Foster. Di filmnya, ia memerankan agen FBI yang harus menyelidiki kasus pembunuhan sadis. Karena ingin mengetahui seluk beluk motif sadisnya, iapun meminta bantuan psikopat terkenal, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins).

Foster dan Hopkins menampilkan performa sekaligus chemistry yang sangat apik lagi klasik. Alhasil gak heran jika kala itu, banyak audiens / fans film pertamanya, menginginkan dirinya kembali sebagai Clarice di sekuel-sekuelnya.

Namun sayang seperti kita tahu, di sekul-nya, Hannibal (2001), adalah Julian Moore (Boogie Nights) yang menggantikan posisi Foster. Dan bisa diterka walau Moore aktris hebat, peran Clarice-nya, gak sekeren seperti Foster dulu.

Dan melihat hal ini, gak heran jika fans pun merasa penasaran bertahun-tahun dengan keputusan yang diambil oleh Foster ini.

Akasan Sesungguhnya

Nah bagi kamu yang mungkin adalah salah satunya, silahkan bernafas lega. Karena baru-baru ini, melalui episode terbaru siaran podcast, Happy Sad Confused, aktris 58 tahun ini, mengungkapkan juga alasannya.

Menurytnya, hal ini simpel dikarenakan ia kala itu sibuk banget (jadwal padat). Sehingga membuatnya, gak mungkin untuk terlibat dalam proyek sekuel tersebut. Foster pun menambahkan kalau hingga saat ini, ia belum menyaksikan Moore sebagai Starling di Hannibal.

Beda Dengan Yang Ada di Wikipedia

Walau alasan ini simpel dan masuk akal, namun gak dipungkiri alasan ini berbeda banget dengan artikel halaman khusus Wikipedia film Hannibal nya.

Di halaman tersebut dijelaskan bahwa alasan Foster tidak memerankan Clarice lagi, dikarenakan pada tahun 1999. Ia mengungkapkan kalau karakterisasi Clarice di Hannibal, mengkhianati lore karakteristik orisinilnya.

Tapi pada tahun 2005 di salah satu wawancara, ia mengatakan kalau alasan ia tidak memerankan Clarice lagi karena ia kala itu sedang sibuk menyutradarai proyek filmnya, Flora Plum yang entah mengapa, hingga detik ini belum dirilis-rilis.

Yam au yang manapun alasannya, gak dipungkiri sekali lagi, ke-absenan nya, membuat fans nya kala itu kecewa berat. Nah apakah mungkin ke depannya ia akan kembali memerankan Clarice? Bagaimana menurut kalian?

Berikan Nilai Untuk Konten ini