5 Cara Mudah Menjadi Penulis Sukses

in
Img 20171216 Wa0054
Img 20171216 Wa0054 https://beautynesiablog.id/

Semua orang bisa menulis jika mau. Mudah saja, asalkan kamu sudah niatkan dan harus dikerjakan! Kuncinya adalah konsisten. Menjadi penulis terkadang terlihat mudah dan susah. Hanya punya keinginan saja itu nggak cukup. Kalau benar-benar berniat menjadi penulis yang sukses.

Menjadi penulis yang sukses, kamu dituntut harus memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengembangkan ide. Oleh karena itu, berikut beberapa cara menjadi penulis sukses.

1. Melatih konsistensi diri, ini penting!

Melatih konsistensi diri
Pexels Photo Melatih konsistensi diri https://www.idntimes.com/

Setelah menetapkan tujuan, maka untuk mencapai tujuan tersebut tentu membutuhkan konsistensi. Di titik inilah sesuatu yang disebut perjuangan dimulai.

Ambillah 1 sampai 2 jam dalam sehari di sela-sela kegiatanmu. Lebih baik menulis sedikit daripada tidak sama sekali. Ini akan membuat kamu juga lebih terbiasa menjadi penulis.

2. Jangan Takut untuk Memulai, semangat!

2presentation1
Jangan Takut untuk Memulai https://blog.mizanstore.com/

Kedua, jangan takut untuk memulai, tulis apa yang kamu pikirkan, tuangkan semuanya. Baca ulang kembali tulisanmu atau berikan ke orang terdekat untuk dia baca. Dari situ kamu akan tahu di mana letak kekurangan dari tulisanmu. Jangan takut untuk dikritik untuk hal yang lebih baik.

ARTIKEL TERKAIT •
Untuk Memunculkan ide baru Dalam Menulis, Lakukan 6 Cara Ini

3. Nikmatilah proses menulis, ini menyenangkan!

Img 20190820 031532
Img Nikmatilah proses menulis https://nirwanatunggal.blogspot.com/

Menikmati proses menulis sangat penting, supaya kamu tidak cepat bosan dengan apa yang sedang kamu tulis. Nikmatilah, jangan sekali-kali kamu merasa terbebani dengan perkataan ‘aku harus nulis’, tapi sebaiknya berpikirlah bahwa ‘aku menikmati waktu menulisku’.

4. Minta teman untuk membaca tulisanmu

Jangan Takut Usaha Tidak Laku
Minta teman untuk membaca tulisanmu https://www.matahidup.com/

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah tulisanmu sudah enak untuk dibaca? Dengan meminta temanmu membaca hasil karyamu, kamu juga perlu memintak saran dan pendapat darinya, tapi jangan marah jika temanmu berkomentar miring. Jadikan itu sebagai acuan semangatmu untuk menulis yang lebih baik lagi.

5. Catatlah semua ide yang kamu dapatkan

Hannah Olinger Nxiivnzbwz8 Unsplash 4bb2fd08960ae11ef2bd72cf6e345161
Hannah Olinger Nxiivnzbwz8 Unsplash https://www.idntimes.com/

Jika kamu mendadak mendapatkan ide bagus untuk ditulis, maka cepat-cepatlah menulis semua ide itu di sebuah buku, kertas atau catatan di HP. Tulislah sebelum ide itu lenyap bila waktunya memungkinkan. Jadi, sudah siap untuk menjadi seorang penulis yang sukses belum?

Masih ada waktu. Take your time. Saat kamu mulai terbiasa menganggap menulis adalah pekerjaan, dan bukan sekadar hobi pengisi waktu luang, maka kamu pun akan terpacu untuk selalu lebih baik.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Sederhana Mengatasi Rasa Malas Saat Membaca Buku

Intinya jangan mudah menyerah, Banyak membaca, mencari informasi dan memperluas wawasan dalam berbagai bidang adalah suatu keharusan. Semoga pembasan diatas 5 Cara Mudah Menjadi Penulis Sukses bisa memudahkanmu dalam menulis.

Baca juga

Berikan Nilai Untuk Konten ini