Newspedia

Dokumen Kuat dari AS, Bukti Kekejaman Tentara Myanmar terhadap Rohingya

Hak bukanlah apa yang diberikan seseorang kepadamu, melainkan apa yang seorang pun tidak bisa ambil daripadamu (Ramsey Clark)

Tim investigasi pemerintah Amerika Serikat mengklaim menemukan bukti bahwa militer Myanmar merencanakan kampanye pembunuhan massal, perkosaan, dan kekejaman lainnya yang terkoordinasi dengan baik terhadap minoritas Muslim Rohingya. Laporan ini diharapkan bisa menjadi bukti untuk penerapan sanksi AS atau tindakan hukum lainnya terhadap pemerintah Myanmar.

Laporan ini disusun berdasarkan hasil wawancara terhadap lebih dari seribu orang Rohingya di kamp-kamp pengungsi di Bangladesh, di mana sekitar 700 ribu korban kekerasan di Myanmar kabur.

“Survei ini mengungkap kekerasan yang terjadi baru-baru ini di wilayah Rakhine Utara sangat ekstrem. Kekerasan ini termasuk dalam skala besar dan ditargetkan untuk melakukan teror dan mengusir penduduk Rohingya. Ruang lingkup dan skala operasi militer menunjukkan bahwa mereka terencana dan terkoordinasi dengan baik,” tulis laporan itu.

1 2 3

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.