menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comNewspediaWanita Tertua di Malaysia Berusia 110 Tahun ini Ungkap Rahasia Umur Panjangnya

Wanita Tertua di Malaysia Berusia 110 Tahun ini Ungkap Rahasia Umur Panjangnya

Wanita Tertua Di Malaysia Berusia 110 Tahun Ini Ungkap Rahasia Umur Panjangnya
Wanita tertua di Malaysia dengan usia 110 Tahun

Semoga sehat selalu nek.

Semua orang mengetahui bahwa hidup di dunia ini hanya sementara. Akan tiba masanya, seseorang akan kembali kepada-Nya. Tak peduli berapa pun usianya, ada yang masih muda sudah dipanggil, dan ada juga yang usianya sudah ratusan tahun masih diberikan kesempatan hidup.

Seperti salah satunya seorang nenek di Malaysia bernama Annamah Abukutty ini. Di usianya yang sudah menginjak 110 tahun, nenek ini dinobatkan sebagai wanita tertua di Negeri jiran tersebut. Kemampuan berbicara dan kondisi kesehatan sang nenek ini pun terbilang masih baik.

Wanita tertua di Malaysia

Dilansir dari The Star, sosok nenek Annamah sebagai wanita tertua di Negeri Jiran sempat menghebohkan publik di Malaysia. Pada hari Rabu (31/3/2021) lalu, nenek Annamah yang lahir pada tahun 1910 itu berulang tahun di usianya yang ke 110 tahun.

Wanita Tertua Di Malaysia
Wanita tertua di Malaysia (Facebook/Arjuna Tiara)

Malaysia Book of Record (MBR) melayangkan penghargaan kehormatan kepada nenek yang lahir di Thachambadi, India itu. Selain usianya yang sudah berkepala 11, nenek Annamah juga telah memiliki 17 orang cucu dan 7 orang cicit dari empat orang anaknya yang sudah menikah.

ARTIKEL TERKAIT •
Jenis Olahraga Bikin Wanita Cepat Langsing

Nenek yang sekarang menetap di Batu Gajah, Kota Perak ini mempunyai anak pertama bernama M. Subramaniam yang kini telah berusia 73 tahun. Bersyukur semua anggota keluarga besarnya masih diberikan kesehatan oleh-Nya, dan belum ada yang meninggal dunia.

Kepada sang cucu, nenek Annamah mengatakan bahwa dirinya rajin mengerjakan ibadah puasa dan ia mengakui karena alasan itulah kondisinya masih sehat dan kini telah berusia 110 tahun. Selain itu, wanita tertua di Malaysia ini juga sering mengonsumsi jamu tradisional dan jarang sekali makan makanan yang memiliki kandungan kimianya.

Dia biasa berpuasa setiap hari Senin untuk mengeluarkan racun dari tubuhnya, tetapi dia menghentikan itu sekitar 15 tahun yang lalu. Semua bahan produk makanan dibuat dari jamu tradisional oleh nenek saya dan keluarga telah mengumpulkan jamu secara manual,” kata S. Ezhilan, salah satu cucu nenek Annamah yang sekarang telah berusia 41 tahun, mengutip dari Kumparan.

Diwariskan ke anak, cucu, dan cicitnya

Melihat kondisi fisik dan mental sang nenek yang selalu prima, keempat anaknya kemudian cucu dan cicitnya juga melakukan pola hidup nenek Annamah. Karena itulah, mereka keram mengonsumsi jamu dan obat buatan sang nenek. Mereka juga jarang makan makanan yang tidak sehat bagi tubuh.

ARTIKEL TERKAIT •
Malu, Presenter TV Malaysia ini Salah Menyanyikan Lagu Ramadhan Tiba Saat Live
Nenek Annamah Abukutty
Nenek Annamah Abukutty (Facebook/Arjuna Tiara)

Ketua MBR, Christopher Wong mengatakan ia bersama timnya dengan senang hati menobatkan nenek Annamah Abukutty sebagai wanita tertua di Malaysia. Terlebih lagi kondisi kesehatan dan komunikasi sang nenek sangat baik, karena faktor itulah nenek keturunan India tersebut berhasil memecahkan rekor.

Saya diberi tahu bahwa saat ini nenek Annamah juga merupakan orang Malaysia tertua yang masih hidup hingga saat ini,” tuturnya.

Add comment