Gejala Kanker Kulit Harus Diketahui

in ,
Gejala Kanker Kulit Harus Diketahui
Gejala Kanker Kulit Harus Diketahui

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang gejalanya seringkali terabaikan, karena tampaknya samar dan tidak terlihat seperti penyakit. Selain itu, kanker kulit juga kadang tak terdeteksi, hal ini disebabkan tanda awal yang wajar pada manusia nomal, contohnya munculnya tahi lalat atau kulit bersisik.

Perlu pemeriksaan lebih detail untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar mengalami kanker kulit atau tidak. Meski demikian, tidak ada salahnya jika kamu memeriksa apakah tubuh kita memiliki gejala kanker kulit. Hal ini bertujuan agar jika terdeteksi gejalanya, kamu dapat mengobatinya lebih dini.

Berikut ini ciri-ciri orang yang terkena kanker kulit.

Ada benjolan pada permukaan kulit

Beberapa jenis kanker gejalanya dapat ditandai dengan kemunculan benjolan, tidak terkecuali kanker kulit. Apabila kamu menemukan ada benjolan di permukaan kulit dan tersebar pada beberapa bagian tubuh, terutama pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung, berhati-hatilah kemungkinan hal tersebut dapat menjadi tanda dini kanker kulit.

Tahi lalat tumbuh membesar dan berwarna

Jika orang terdekatmu memiliki tahi lalat, kemudian tiba-tiba perubahan terutama pada ukuran, warna, dan tingkat asimetrisnya, maka bisa jadi hal ini menjadi tanda awal kanker kulit.

Kanker kulit melanoma ditandai dengan bintik besar warna cokelat di kulit, benjolan yang mirip tahi lalat ini dapat berubah warna, membesar dan kadang bahkan bisa sampai berdarah.

Muncul bercak hitam pada kulit

Salah satu ciri awal kanker kulit yang bisa diamati adalah adanya bercak yang tak biasa pada kulit. Bercak ini juga bisa muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab apapun. Jika pada orang normal bercak berukuran kecil, maka bercak gejala kanker kulit tidak statis.

Melainkan akan tumbuh semakin membesar dan melebar. Jadi jangan abaikan saat tiba-tiba muncul bercak hitam yang kemudian ukurannya membesar dan nyeri.

Sering nyeri sendiri

Sel kanker menyebar ke bagian tulang yang dapat menimbulkan nyeri. Hal ini biasa terjadi di sendiri bagian lutut dan pinggang. Jenis kanker yang bisa menyebar seperti melanoma.

Sehingga apabila terasa nyeri di bagian lutut atau pinggang tanpa diketahui sebabnya, terlebih jika disertai dengan ciri-ciri kulit lainnya, segeralah cek ke dokter.