NewspediaDunia

Krisis Ekonomi Global Karena Wabah Virus Corona

Wabah dari virus corona ini tk hanya jadi ancaman mematikan bagi China tapi juga bagi dunia.

The New York Times pekan lalu sempat menuliskan, virus corona sempat menjadi ancaman bagi ekonomi global yang bisa berujung pada krisis.

Dalam artikel yang dipublikai pekan lalu, berjudul Hows China Virus Outbreak Could Threaten the Global Economy, dipaparkan kejatuhan pasar keuangan dunia pada kamis (21/2/2020). Dimana kejadian tersebut diindikasi sebagai sinyal ketakutan akan krisis ekonomi global.

ketakutan makin menjadi kala tingkat keparahan virus corona tampak semakin nyata dari, dari data pemerintah China, setidaknya 80 orang meninggal dunia karena terjangkit virus tersebut.

Pemerintah sampai mengambil alih tindakan untuk mengisolasi kota Wuhan, kota awal virus corona tipe baru menyebar, untuk mencegah korban jatuh lebih banyak, ini menyebabkan mobilitas penduduk di sana.

Kota Wuhan | AFP News

Virus corona membuat ketidakpastian di China, pasalnya penyebaran virus bertepatan dengan liburan tahub baru China yang biasanya akan mendorong perjalanan, belanja, dan pemberian hadiah.

Beberapa kota di provinsi Hubei menjadi sepi, begitu juga alat transportasi seperti kereta, dan juga bandara. Karena para penumpang langsung mengubah rencana perjalanan meskipun ada liburan selama sepekan.

Memang ekonomi China tumbuh lebih besar dibandingkan tahun 2003, tetapi saat ini China sedang mengalami perlambatan pertumbuhan paling buruk dalam tiga dekade terakhir. Perang dagang antar Amerika Serikat menjadi pemicu dan desakan agar pemerintah melepas ketergantungan peruahaan lokal pada pinjaman.

Untuk saat ini dampaknya belum jelas, meskipun virus corona kurang mematikan dibandingkan dengan SARS, tetapi sulit dideteksi.

“Ini akan tergantung pada bagaimana China terus transparan dengan lembaga internasional,” ujar Peter Levesque, Managing Director Modern Internal, operator pelabuhan di Hongkong. “Hanya itu yang bisa diminta oleh semua bisnis, sisanya tidak diketahui.”

Kota Wuhan adalah kota penting untuk perdagangan di China. Kota ini adalah pusat transportasi nasional utama, dan menjadi pusat pembuatan mobil, dengan pabrik yang membuat mobil untuk General Motor, Honda, dan banyak lainnya, serta puluhan suku cadang mobil.

Sehingga efeknya pada orang-orang di seluruh negeri bisa menjadi faktor yang lebih penting.

Related Posts