Mengenal Lebih Dalam Penyakit Silent Killer Yang Membunuh Jutaan Orang

in ,
Mengenal Lebih Dalam Penyakit Silent Killer Yang Membunuh Jutaan Orang
Mengenal Lebih Dalam Penyakit Silent Killer Yang Membunuh Jutaan Orang

Pada umumnya, suatu penyakit pasti ditandai dengan munculnya beberapa kondisi sebagai gejala. Namun, tidak pada penyakit-penyakit yang tergolong dalam silent killer, yakni tiap penyakit yang timbul hampir tanpa indikasi awal.

Terlebih lagi penyakit-penyakit mematikan tersebut sekarang sudah tidak pandang bulu. Tidak peduli tua ataupun muda. Berikut beberapa penyakit yang dinyatakan sebagai silent killer.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi pembunuh nomor 1 di dunia. Penyakit jantung tidak memiliki gejala awal, ia bisa datang secara tiba-tiba dan merenggut nyawa seseorang. Penyakit jantung bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi, merokok, dan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Tekanan Darah Tinggi

Mengutip laman Piedmont Halthcare, lebih dari 70 juta orang dewasa menderita penyakit ini, dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan serangan jantung yang bersifat fatal. Penyakit ini juga tidak memiliki gejala atau peringatan. Salah satu cara mengetahuinya dengan memeriksa tekanan darah secara teratur.

Diabetes

Ada 246 juta jiwa di dunia yang terjangkit penyakit diabetes dan setiap tahunnya, dan diperkirakan kematian yang terjadi akibat penyakit ini mencapai 3,2 juta jiwa. Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan menyebabkan masalah pada sistem syaraf.

ARTIKEL TERKAIT •
Kelainan Sulit Mengenali Wajah, Prosopagnosia

Diabetes juga merupakan penyakit penyebab utama dari gagal ginjal.

Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit silent killer yang paling terkenal dan berada di posisi ke dua sebagai penyakit silent killer terganas. Diperkirakan kematian yang terjadi akibat penyakit kanker mencapai 6,2 juta jiwa setiap tahunnya.

Tanda-tanda awal kanker tergantung pada jenisnya, ada yang bisa dideteksi dan ada juga yang tidak bisa dideteksi.

Hepatitis B dan C

Ancaman penyakit silent killer yang banyak orang tidak ketahui adalah virus hepatitis B dan C. Kedua virus ini telah menginfeksi hampir 530 juta jiwa di dunia dan setiap tahunnya ada 3 hingga 4 juta jiwa yang baru terinfeksi oleh virus ini.

Jika tidak ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan sirosis, kanker hati, dan bahkan kematian.

Berikan Nilai Untuk Konten ini