Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung

in ,
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Di Punggung
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Bukan hanya muncul di bagian wajah, ternyata jerawat bisa datang ke bagian tubuh lainnya. Salah satunya ialah pada punggung. Jerawat pada punggung tentunya sangat menganggu, terkadang gatal, namun jika digaruk itu malah semakin membuat kulit punggung menjadi rusak.

Selain itu, jerawat pada punggung juga pasti akan mengurangi rasa percaya diri seseorang dalm beaktivitas. Terdapat berbagai cara ampuh menghilangkan jerawat di punggu yang bisa kamu coba. Ada cara alami maupun menggunakan obat-obatan rekomendasi dokter.

Penyebab jerawat di punggung tentu berbeda dengan penyebab timbulnya jerawat pada muka atau bagian tubuh lainnya. Sebagaimana diketahui, jerawat bisa datang karena saat folikel di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit.

4 Produk Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Ini Bisa Didapatkan Di Apotek

Folikel yang tadinya tersumbat tentunya dapat meradang sehingga mudah sekali terinfeksi oleh bakteri. Selain itu, penyebab timbulnya jerawat di punggung bisa karena faktor genetik, perubahan hormon, berkeringat, dan akibat stress.

Cara menghilangkan jerawat di punggung

Jerwat di punggung bisa hilang dengan cara alami atau menggunakan obat-obatan dari dokter. Dan itu juga bergantung dari kebiasaan hidup kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

1. Selalu perhatikan kebersihan diri

Perhatikan Kebersihan Diri
Perhatikan Kebersihan Diri | via https://www.minews.id/

Setiap setelah melakukan aktivitas berat, seperti berolahraga, biasakan diri untuk membersihkan diri. Karena keringat dari olahraga tadi dapat menyumbat folikel rambut. Oleh karena itu, jerawat dapat muncul dengan mudahnya. Biasakan diri untuk bersih, mandi secara teratur. Bersihkan bagian punggung, setelah banyak keringat.

2. Balurkan obat jerawat

Menggunakan Obat Oles
Menggunakan Obat Oles | via https://beautynesiablog.id/

Cara lainnya untuk mengatasi jerawat di punggung adalah dengan membalurkan obat jerawat. Obat ini banyak tersedia di apotik-apotik dengan harga yang terjangkau. Dengan kandungan asam glikolat, benzoil peroksida, atau asam salisilat diyakini ampuh mengusir jerawat di punggung.

Ketahui 6 Jenis Jerawat Dan Apa Penyebabnya

Obat ini bisa berupa dalam bentuk krim, gel, atau salep. Cara penggunannya cukup mudah. Yaitu oleskan bagian punggung sesuai dengan arahan penggunaan pada kemasan produk. Tunggu sekitar beberap menit, sebelum kamu mengenakan pakaian.

3. Minimalisir konsumsi makanan tertentu

Jauhi Makanan Dengan Indeks
Kurangi Makanan Dengan Indeks glukomik tinggi | via https://www.geunta.com/

Terutama makanan yang mengandung gula atau makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Maka dari itu, untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung, kamu harus meminimalisir mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Makanan itu seprti nasi putih, mi, kue, roti tawar, kentang goreng, es krim, atau minuman bersoda.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Pasta Gigi Mampu Mengatasi Jerawat?

4. Kenakan pakaian yang mampu menyerap keringat

Kenakan Pakaian Menyerap Keringat
Kenakan Pakaian Menyerap Keringat | via https://www.pondokgue.com/

Bahan pakaian katun menjadi rekomendasi pakaian yang mampu menyerap keringat dan tetap sejuk. Bahan-bahan yang terbuat dari bahan sintesis, seperti poliester adalah bahan yang tak mampu menyerap keringat.

Benarkah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Dan juga jangan kenakan pakaian yang itu-itu saja terlalu sering. Karena pakaian itu bisa saja telah banyak menyerap keringat. Dan jika kamu memakainya jerawat bisa dengan mudah hinggap di punggung kamu.

5. Menjaga kebersihan rambut

Menjaga Kebersihan Rambut
Menjaga Kebersihan Rambut | via https://www.honestdocs.id/

Jika kamu memiliki rambut yang panjang, maka kamu harus menjaga kebersihan rambutmu. Karena kotoran dan minyak pada rambut bisa jatuh dan melengket ke bagian pori-pori punggung kamu.

Maka dari itu, dianjurkan untuk mengikat selalu rambut ketika beraktivitas dan rutin melakukan keramas.

6. Menggunakan obat-obatan

Mengikuti Saran Dokter
Mengikuti Saran Dokter | via https://parenting.orami.co.id/

Jika cara-cara alami diatas tidak ampuh, kamu bisa menggunakan obat-obatan sesuai anjuran dokter. Jangan biarkan jerawat di punggung terlalu parah, karena itu hanya membuat punggung terlihat kotor.

Dilansir dari situs alodokter, berikut obat-obatan yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

  • Krim retinoid (tretinoin atau isotretinoin)
  • Pil KB
  • Salep, gel antibiotik, atau krim
ARTIKEL TERKAIT •
Bahan-Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam Sekejap

Hindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu datangnya jerawat, seperti menggunakan pakaian yang ketat, pakaian tidak menyerap keringat, atau memakai tas punggung yang hanya membuat punggung mudah berkeringat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.