Ketahui 6 Jenis Jerawat Dan Apa Penyebabnya

in
Jenis Jerawat
Jenis Jerawat

Bagaimana perasaan kamu jika memiliki wajah yang berjerawat? Pasti menyebalkan bukan? Terutama bagi wanita, mereka ingin memiliki wajah yang mulus dan enak dipandang. Hal ini juga menjurus pada tingkat kepercayaan diri mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, mereka harus mengetahui apa tipe atau jenis jerawat yang sedang mereka alami. Jangan sampai kamu menganggap terkena komedo, namun kamu mengobatinya dengan menggunakan obat khusus jerawat khusu kista.

Berikut adalah 6 jenis jerawat yang harus kamu ketahui beserta penyebab-penyebabnya.

1. Whiteheads

Jenis Jerawat Whiteheads
Jenis Jerawat Whiteheads | via https://www.mocoo.id

Jenis jerawat Whiteheads adalah daging non inflamasi atau bentolan berwarna putih atau bintik-bintik dengan pusat berwarna putih dan dikelilingi oleh lingkaran-lingkaran merah. Tidak sedikit terdapat rambut-rambut yang berada di tengah atau terlihat sedikit berada disana.

Jerawat jenis ini bisa timbul karena kotoran, sebum minyak, dan sel kulit mati yang menyempal pori-pori.

2. Papula

Jenis Jerawat Papula
Jenis Jerawat Papula | via https://parenting.orami.co.id

Papula adalah jenis jerawat yang berada di bagian bawah permukaan kulit. Kulit akan terlihat seperti bengkak dan berwarna merah muda. Bertekstur lembut, terangkat, dan solid. Jerawat Papula tidak mempunyai pusat yang tak melebar dan terlihat.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Penyakit Kulit yang Tidak Menular

Untuk penyebab, diakibatkan oleh perkembangan pembuluh darah kecil, eksim, infeksi kulit, alergi, atau kutil.

3. Nodul

Jenis Jerawat Nodul
Jenis Jerawat Nodul | via http://www.oceanfresh.id

Akan telihat seperti benjolan yang terasa nyeri, meradang, bertekstur keras dan berada jauh di dalam permukaan kulit. Jerawat Nodul bisa menjadi parah dan menyebabkan komplikasi kulit, misal bintik-bintik gelap dan jaringan parut.

Bisa timbul karena pori-pori tersumbat sehinggal merusak sel dan jaringan jauh di dalam permukaan kulit.

4. Komedo

Jenis Jerawat Komedo
Jenis Jerawat Komedo | via https://lifestyle.kompas.com

Berbeda dengan Whitehead, komedo adalah bintik-bintik hitam yang terlihat sebagai benjolan yang terangkat. Kulit di sekitar komedo normal dan bagian tengahnya terdapat bintik gelap.

Bukan hanya karena warnanya yang gelap berarti terdapat banyak kotoran disana. Ini menunjukkan tanda kalau pori-pori kulit melebar dan akibat dari folikel rambut yang terganjal.

5. Pustula

Jenis Jerawat Pustula
Jenis Jerawat Pustula | via https://hellosehat.com/

Sebagai orang awam, pustula acap disebutkan. Akan terlihat benjolan besar dengan memiliki pusat lingkaran. Pada bagian tengahnya terisi nanah berwarna kekuningan atau keputihan di atas tepi kulit merah. Pustula serupa dengan Whiteheads namun ukurannya lebih besar dan tetap meradang.

ARTIKEL TERKAIT •
Khawatir Kulit Rusak Karena Sinar UV? 3 Cara Ampuh Merawat Kulitmu

Penyebabnya karena alergi terhadap lingkungan sekitar atau makanan, kulit yang terhambat oleh sel kulit mati, atau gigitan serangga.

6. Kista

Jenis Jerawat Kista
Jenis Jerawat Kista | via https://lampung.tribunnews.com

Kista adalah jerawat yang terbentuk setelah adanya Pustula. Saat Pustula terinfeksi dan terasa meradang. Ini yang disebut Kista. Jerawat Kista terlihat seperti benjolan mearh atau putih, terasa nyeri, ukurannya cukup besar, teksturnya lunak, dan letaknya jauh berada di dalam permukaan kulit.

Juga menimbulkan nanah dan dapat menyebabkan komplikasi kulit yang sangat parah bak bekas luka. Dan penyebabnya adalah imbas dari Pustula yang terinfeksi.

Nah itulah 6 jenis jerawat yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui semuanya, jangan sampai kamu salah menggolongkan jenis-jenis jerawat. Karena ini adalah ilmu yang sangat harus kamu ketahui.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.