Sudah Sampai Malaysia dan Australia, Berikut 10 Negara yang Tersebar Virus Corona!

in , ,
Korona
Credit Image: Inews

Virus Corona mirip dengan virus sindrom pernapasan akut parah atau SARS. Virus yang bermula dari kota Wuhan, Tiongkok ini dieprkirakan sudah menjangkit 1.300 orang dan menimbulkan korban jiwa sebanyak 41 orang di Tiongkok.

Virus ini disebut corona karena bentuknya jika dilihat dari mikroskop, mirip dengan koronoa Matahari. Virus ini menurut para ahli adalah virus terbaru, atau dikenal dengan Novel coronavirus (2019-nCov).

Virus ini belakangan menjadi perbincangan dunia, kabar terbaru menyebutkan bahwa 10 negara sudah tersebar virus ini. Bahkan dua di antaranya merupakan negara yang berdekatan dengan Indonesia, yaitu Malaysia dan Australia.

Berikut daftar 10 negara yang dikonfirmasi sudah tersebar virus corona!

1. Tiongkok

Negara ini menjadi negara pertama yang dituding sebagai penyebar virus corona. Pertama kali virus corona diidentifikasi di Kota Wuhan, pada tanggal 31 Desember 2019.

Lokasi Wuhan terhubung dengan wilayah lain membuat virus Corona menyebar ke kota lain bahkan luar negeri. Selain itu, wilayah tersebut memiliki penduduk yang tidak sedikit, yaitu 11 juta jiwa.

ARTIKEL TERKAIT •
China Mempercepat Pembangunan Rumah Sakit Khusus Pasien Virus Corona

Kota Wuhan sendiri sampai harus membangun 1000 tempat tidur untuk merawat mereka yang sudah terjangkit virus tersebut, dan direncakanan akan mengoperasikannya awal minggu ini.

2. Jepang

Pada tanggal 16 Januari, Kementerian Kesehatan Jepang mengonfirmasi kasus pertamanya terkait virus corona.

Terdapat seorang pria yang dirawat setelah 4 hari kembali ke Jepang, ia baru saja mengunjungi Wuhan, tepatnya pada 10 Januari 2020.

Lalu, otoritas kesehatan Jepang mengkonfirmasi bahwa pasien adalah seorang pria berusia 40 tahun yang berasal dari kota Wuhan, dan sedang dalam perjalanan ke Jepang.

3. Singapura

Pada tanggal 23 Januari 2020, Singapura mengkonfirmasi adanya seorang pria yang berasal dari Wuhan tiba di Singapura bersama keluarganya. Pria tersebut mengalami sakit tenggorokan, namun tidak demam saat penerbangan menuju Singapura.

Karena temuan ini, aparat Singapura mensterilkan dan menutup kamar Hotel Shangri-La Rasa Sentosa, yang pernah sempat dihuni oleh pria tersebut.

Wakil Direktur Eksekutif Grup Shangri-La untuk Asia Tenggara dan Australasia Josef Dolp mengatakan, mereka saat ini sedang berupaya melakukan pemebrsihan terkait penyebaran virus Corona.

ARTIKEL TERKAIT •
WHO Mengadakan Rapat Penting, Virus Corona Menginfeksi 7 Ribu Lebih

4. Korea Selatan

Korea Selatan mengkonfirmasi kasus pertamanya pada 20 Januari 2020. Seorang perempuan 35 tahun yang terbang dari Wuhan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), memiliki jenis virus Corona terbaru.

5. Taiwan

Seorang perempuan Taiwan berusia 50 tahun yang bekerja di Wuhan dilaporkan menunjukan gejala-gejala terjangkit virus Corona.

Saat ia sampai di bandara, ia langsung dibawa ke rumah sakit. Perempuan tersebut mengalami demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Atas penemuan ini, Pemerintah Taiwan meminta masyarakatnya untuk tidak panik, sebab  perempuan itu telah diidentifikasi segera setelah dia tiba di Taiwan.

6. Thailand

Pada 13 Januari 2020, Bandara Suvarnabhumi, Thailand mendeteksi seorang perempuan 74 tahun menunjukan gejala terinfeksi virus Corona lewat alat pemindai suhu.

Setelah dibawa ke rumah sakit, perempuan tersebut didiagnosis mengalami pneumonia yang terkait dengan virus corona.

7. Vietnam

Vietnam mengkonfirmasi adanya dua warga Tiongkok di Vietnam yang terjangkit virus Corona.

Mengutip dari bobo.grid.id yang melansir dari Rappler, seorang pria yang bermukim  Ho Chi Minh City diketahui terinfeksi virus corona dari ayahnya yang berlibur ke Vietnam.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Jenis Masker Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

Nguyen Truong Son selaku Wakil Menteri Vietnam mendesak tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran lebih luas.

8. Nepal

Pada 24 Januari 2020, seorang pria Nepal yang sekolah di Wuhan, memutuskan pulang untuk merayakan liburan Imlek.

pria tersebut positif terjangkit virus korona setelah melakukan tes dan dikonfirmasi oleh WHO Collaborating Center di Hongkong. Setelah tiba di Nepal, pria berusia 30 tahun tersebut langsung menuju Rumah Sakit Penyakit Menular Tropis dan Infeksi Sukaraj di Khatmandu.

Ia ke sana seusai mengalami demam selama empat hari dan mengalami masalah pernapasan.

9. Malaysia

Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad mengkonfirmasi ada tiga orang di negaranya yang terjangkit virus Corona. Adalah seorang perempuan berusia 65 tahun, dan dua cucu mereka yang masing-masing berusia 11 dan 2 tahun.

Ketiganya merupakan warga negara Tiongkok dan telah dipindahkan ke Rumah Sakit Sungai Buloh di Selangor untuk mendapatkan perawatan.

10. Australia

Otoritas Kesehatan New South Wales mengatakan bahwa mereka memiliki tujuh kasus yang sedang diselidiki terkait virus Corona di negaranya. Mereka memeprcayai dua di antaranya positif terkena virus tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Indonesia Bukan Tempat Yang Baik Untuk Berkembangnya Virus Corona

Keduanya merupakan pria yang baru saja kembali dari Tiongkok. Petugas kesehatan setempat juga menghubungi orang-orang yang mungkin berhubungan dengan mereka.

NSW Health yang telah menguji orang-orang tersebut menyatakan bahwa 12 orang bersih. Sementara itu, di Melbourne terdapat pria Tiongkok berusia 50 tahun yang baru-baru ini menghabiskan waktu di Wuhan. Ia diisolasi di Rumah Sakit Melbourne.

Menteri Kesehatan Victoria Jenny Mikakos menyerukan agar warga negara Australia tidak khawatir.

Berikan Nilai Untuk Konten ini