menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Agama Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun yang Bisa Kamu Panjatkan

Doa Awal Tahun dan Doa Akhir Tahun yang Bisa Kamu Panjatkan

Doa Awal Tahun Dan Doa Akhir Tahun Yang Bisa Kamu Panjatkan
Doa Awal Tahun Dan Doa Akhir Tahun Yang Bisa Kamu Panjatkan

Sebagai umat muslim yang taat kepada perintah Allah SWT, ada baiknya kita memanjatkan doa dibalik perayaan pergantian tahun dari 2020 ke 2021. Karena dengan doa menandakan sebagai ungkapan rasa syukur karena selalu diberi limpahan rahmat dan permohonan maaf atas segala dosa yang diperbuat selama satu tahun penuh.

Dengan memanjatkan doa awal tahun kita berharap tahun yang baru nanti dimulai dengan keberkahan. Sedangkan memajnatkan doa akhir tahun kita berharap tahun yang sebelumnya berakhir dengan indah.

Kamu bisa memanjatkan doa awal tahun dan doa akhir tahun selepas mengerjakan shalat wajib. Ucapkan masing-masing sebanyak tiga kali.

Baca Juga: Bagaimana Menyikapi Pertentangan Antara Sains Dan Agama?

Doa awal tahun dan doa akhir tahun

Bagi kamu yang masih belum mengetahui apa doa yang harus dipanjatkan ketika awal tahun dan akhir tahun. Berikut bebaspedia rangkum ucapan doanya beserta terjemahannya.

Doa Awal Tahun

Doa Awal Tahun
Doa awal tahun

“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.”

Artinya:

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah, apa yang aku lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang dan aku belum juga bertaubat. Engkau tidak meridainya namun Engkau bersikap lembut padaku padahal Engkau berkuasa menyiksaku.

Engkau serukan kepadaku untuk bertaubat, maka sungguh aku mohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Dan apapun yang aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridai, maka aku mohon ya Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah amalanku dan janganlah Engkau putuskan harapanku dari Engkau. Semoga Engkau tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Baca Juga: Zaman Keemasan Islam, Masa Dimana Agama Islam Mencapai Puncak Kejayaan Di Dunia!

Doa akhir tahun

Doa Akhir Tahun
Doa akhir tahun

“Bismillaahir rahmaanir rahiim. Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.”

Artinya:

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah, apa yang aku lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang dan aku belum juga bertaubat. Engkau tidak meridainya namun Engkau bersikap lembut padaku padahal Engkau berkuasa menyiksaku.

Engkau serukan kepadaku untuk bertaubat, maka sungguh aku aku mohon ampun kepada Engkau ya Allah. Dan apapun yang aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridai, maka aku mohon ya Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah amalanku dan janganlah Engkau putuskan harapanku dari Engkau. Semoga Engkau tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Baca Juga: 4 Tipikal Netizen Dalam Menyikapi Fenomena Sains Dan Agama

Itulah, doa yang bisa kamu panjatkan ketika menjelang akhir tahun dan menyambut awal tahun. Semoga di tahun yang baru nantinya, kita selalu berada di naungan Allah SWT.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks