Formula-E, Balapan Sekelas F1 Akan berlangsung di Jakarta

in
3864486179

Indonesia akan sibuk untuk beberapa tahun ke depan. Karena Indonesia terpilih menjadi tuan rumah beberapa event kelas dunia, terutama di bidang olahraga. mulai dari piala dunia U-20, MotoGP dan World Superbike (WSBK) di tahun 2021 hingga ke kejuaraan dunia basket FIBA pada tahun 2023.

F4b48da8 5738 470a 9c3a Df0eb0190d0f 169
Balapan Formula-E | detik.com

Tidak perlu menunggu lama, pada awal tahun 2020, Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah untuk seri balapan Formula-E dengan nama 2020 Jakarta E-prix. Sebelum membahas lebih jauh tentang event tersebut, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu Formula-E, balapan mobil yang disebut-sebut tidak kalah seru dengan Formula 1.

Menjadi Event balapan dengan Single Seater pertama yang menggunakan mesin elektrik

Berbeda dengan Formula 1 yang menggunakan mesin hybrid, Formula-E full menggunakan mesin bertenaga listrik. Menjadikan Formula E adalah balapan single seater open cockpit pertama yang menggunakan mesin elektrik. Meskipun masih kalah cepat dengan mobil-mobil Formula 1, namun kecepatan yang dimiliki oleh mobil Formula E tidak bisa dipandang remeh.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Sih Bedanya MotoGP dan World Superbike?
Mengenal Mobil Listrik Yang Akan Balapan Di Jakarta KEq7IVx0Jr
Mesin Formula E | Okezone.com

Mobil Formula E dapat mencapai kecepatan 100km/jam hanya dalam waktu 3 detik saja. Dan kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 225km/jam. Selain itu, karena berkonsep masa depan, maka desain dari mobil-mobil ini tampak futuristis. Melihat balapan Formula E itu seperti melihat balapan mobil tamiya dalam skala ukuran 1:1.

Jalannya pertandingan Formula E tidak kalah seru dari F1

Jika kalian merasa bosan menonton pertandingan F1 karena terkadang pemenangnya bisa ditebak. Coba lah melirik ke pertandingan Formula E yang menjanjikan balapan yang seru dan seimbang.

Generasi pertama mobil Formula E dikembang oleh Spark-Dalara dan diberi nama Spark-Renult SRT01E. Sedangkan generasi kedua yang mulai digunakan pada musim balapan 2018-2019 Spark SRT05e yang memberikan performa lebih baik dibanding mobil sebelumnya.

Peningkatan utamanya adalah kapasitas baterai mobil yang lebih besar, power output yang lebih tinggi, dan top speed yang dapat mencapai kecepatan 280km/jam. Yang membuatnya berbeda ketimbang dengan mobil F1. Semua pertandingannya dilaksanakan di jalan raya.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah balapan Fromula E

Seperti yang dibahas di awal, bahwa Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pertandingan Formula E. Tepatnya di Jakarta pada tanggal 6 Juni 2020, sirkuit jalanan yang menurut rencana akan memiliki 3 kilometer dan 12 tikungan, siap dibangun. Dan karena sirkuitnya menggunakan jalan raya yang sudah ada, pembangunannya tidak membutuhkan waktu lama seperti sirkuit Mandalika yang akan menjadi panggung penggelaran balap MotoGP 2021 nanti.

ARTIKEL TERKAIT •
Festival Bola Api di Kota Nejapa, Memperingati Letusan Gunung Berapi

Sirkuit untuk Formula E Indonesia ini di rancang oleh Herman Tilke yang juga ikut merancang desain sirkuit Marina Bay di Singapura.

Berikan Nilai Untuk Konten ini