Bolehkah Mencabut Flashdisk Tanpa Eject?

in
Flashdisk
Credit Image: cronosal

Dewasa ini perkembangan teknologi komputer telah berkembang pesat. Sejak tahun 1936 hingga kini, komputer mengalami banyak perubahan terutama di bidang penyimpanan atau storage.

Dari Punch Card yang hanya dapat menyimpan beberapa bit padahal ukuran sangat besar, lalu Punch Tape yang bisa dilipat, selanjutnya Selecton Tube yang hanya bisa menyimpan data sebanyak 4000 bit, dan sampai teknologi terbarukan penyimpanan data SSD yang punya keunggulan rewrite data yang sangat cepat, tiga kali lebih cepat dibanding Hardisk yang bentuknya lebih besar.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang SSD yang hanya bisa ditanam di komputer (Walaupun yang portable udah ada), yang akan kita bahas adalah Flashdisk.

Flashdisk memang terbilang kuno jika kita menilik SSD, karena dari segi ukuran dan kecepatan read/write nya Flashdisk terbilang jauh karena hanya bisa menyimpan 2 TB data.

Kelemahan Flashdisk

Keunggulan Flashdisk sendiri terdapat pada ukuran yang kecil, harga murah dan tentunya portable. Bagi kalian yang bekerja di percetakan pasti sudah sangat familiar dengan alat penyimpanan data yang satu ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Indonesia Dan "Revolusi Industri 4.0"

Dibalik beberapa keunggulannya tersebut, Flashdisk pastinya mempunyai kekurangan. Terutama di hal gampangnya kerusakan data yang diakibatkan dari usernya. Kerusakan data yang sering menghantui bagi pengguna flashdisk ini adalah hilangnya beberapa file karena terformat.

Hilangnya data ini sebagian besar dikarenakan mencabut flashdisk sembarangan. Tapi apakah memang betul kalau mencabut flashdisk sembarangan tanpa Eject dulu ini akan memperpendek umur rlashdisk?

Cabut Flashdisk Sembarangan

Saat transfer data, flashdisk akan membuat cache terlebih dahulu pada PC ram kita (terutama pada sistem operasi Windows) hingga proses transfer data selesai. Nah tujuan eject ini untuk memastikan bahwa tidak ada aktivitas antara flashdisk dan PC, jika masih ada aktivitas maka proses Eject akan gagal dan harus menunggu aktivitas tersebut selesai.

Jika tidak ada aktivitas terutama transfer data, cabut flashdisk tanpa Eject aman – aman saja, tapi tidak menutup kemungkinan itu akan memperpendek umur flashdisk. Jadi, tetap usahakan Eject flashdisk terlebih dahulu sebelum cabut.

Kalau untuk Hardisk Eksternal bagaimana? Wajib pokoknya untuk melakukan proses Eject. Kenapa wajib? Karena Hardisk membutuhkan power lebih tidak seperti flashdisk, jika tiba – tiba power tersebut diberhentikan secara spontan maka piringan dalam Hardisk akan langsung berhenti.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Pasta Gigi Mampu Mengatasi Jerawat?

Nah jadi gitu, kesimpulannya aman – aman saja kalau cabut flashdisk tanpa eject tetapi lebih baik eject terlebih dahulu, toh hanya klik kanan lalu eject, kelar gak nunggu lama juga kan.

Oleh M Rico Aditya Prayoga
Penulis: Yogi Arfan

Berikan Nilai Untuk Konten ini