Gen Z Mulai Beralih ke TikTok sebagai Sumber Informasi daripada Google

TikTok semakin populer di kalangan Gen Z sebagai sumber informasi dan berita, sementara Google mengalami penurunan preferensi.

5
0

Generasi Z mulai beralih dari menggunakan Google sebagai sumber informasi dan lebih memilih menggunakan Tiktok.

TikTok semakin populer di kalangan Gen Z sebagai sumber informasi dan berita, sementara Google mengalami penurunan sebagai tempat pencarian berita. Menurut penelitian dari Pew Research Center, laporan dari Reuters, setengah dari penduduk dewasa di Amerika Serikat mendapatkan berita mereka melalui media sosial.

Hasil survei melibatkan 8.842 orang di Amerika Serikat menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar (67 persen) penduduk masih menggunakan situs web atau aplikasi berita sebagai sumber informasi, media sosial semakin mendominasi sebagai sumber berita.

Facebook adalah platform media sosial yang paling banyak digunakan sebagai sumber berita oleh 30 persen pengguna di Amerika Serika. Kemudian menyusul oleh YouTube (26 persen), Instagram (16 persen), dan TikTok (14 persen).

Semakin banyak pengguna TikTok yang menganggap platform tersebut sebagai sumber berita, 43 persen pengguna yang secara teratur mencari informasi dan berita di sana. Hasil survei pada tahun 2022 menunjukkan bahwa hanya 22 persen pengguna TikTok yang memanfaatkan platform tersebut untuk mendapatkan berita.

Facebook sebenarnya bertentangan dengan perannya sebagai platform utama pencarian berita, menurut Mark Zuckerberg. Mereka bahkan telah mengurangi atau menghapus fitur berita di beberapa negara. Meskipun telah adanya tekanan untuk bekerja sama dan membayar perusahaan berita.

Preferensi Gen Z terhadap Tiktok

gen z

Selain itu, generasi Z lebih sering menggunakan TikTok daripada Google sebagai sumber informasi. Berdasarkan penelitian oleh Morning Consult, TikTok mengalami pertumbuhan yang signifikan sebagai sumber berita, meskipun masih belum sepopuler Google. Hingga Februari 2023, sebanyak 14% generasi Z mengakui mencari informasi melalui TikTok, sedangkan pengguna Google dalam kalangan generasi ini mencapai 39%.

Google telah meneliti dengan hasil menunjukkan bahwa 40% dari generasi Z lebih suka mencari informasi melalui TikTok daripada Google Search. Mayoritas dari mereka mencari informasi tentang rencana liburan, produk perawatan kulit, restoran, tempat hangout, dan makanan.

Menurut Anne-Christine (21), pengguna TikTok, generasinya cenderung lebih suka memperoleh informasi dalam bentuk visual. Sementara itu, Talia Magee (24) berpendapat bahwa mencari informasi di TikTok lebih mudah, terutama karena adanya fitur ‘predictive text’ yang membantu pengguna mendapatkan rekomendasi tanpa harus mengetik secara lengkap.

Menurut Magee, saya dan teman-teman sebaya saya lebih suka belajar dan memahami sesuatu dengan menggunakan visual. Dengan menggunakan TikTok, saya bisa dengan cepat dan mudah mencari informasi yang saya minati melalui video.

Tinggalkan Balasan