3 Hewan Marsupial Asli Australia Selain Koala dan Kangguru

in
Credit Image: Gerava

Kangguru dan Koala dikenal sebagai hewan khas Australia, bahkan mereka dijadikan sebagai hewan nasional oleh Pemerintah Australia.

Baik koala maupun kangguru adalah hewan marsupial. Marsupial ialah hewan mamalia yang memiliki kantung di bagian perutnya. Kangguru memiliki nama ilmiah Macropus, sementara itu koala memiliki nama ilmiah Phascolarctos cinereus.

Selain kangguru dan koala, ternyata Australia pun memiliki tiga hewan marsupilai khas lainnya. Berikut hewan-hewan tersebut!

1. Quokka

8hnWJjq
Quokka | source image

Hewan yang dijuluki sebagai hewan yang murah tersenyum ini merupakan salah satu hewan yang cukup terkenal. Itu karena Quokka memiliki wajah yang selalu terlihat seperti sedang tersenyum.

Hewan ini memiliki kantung seperti kangguru, quokka memiliki habitat asli di Pulau Rottnest, Australia Barat. Sepintas hewan ini mirip dengan kelinci dan tupai.

2. Wombat

3913251324
Wombat | source image

Hewan ini juga merupakan hewan marsupilai khas Australia, hewan ini dikenal aktif pada malam hari atau yang biasa disebut hewan nokturnal. Selain itu, wombat juga dikenal sebagai hewan yang malas bergerak.

Mereka hanya akan bergerak 200 meter per hari untuk mencari makan. Sementara sisa waktunya digunakan untuk tidur. Makanan mereka ialah rumput-rumput dan tumbuh-tumbuhan, karena wombat merupakan hewan herbivora.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Tanaman Ini Gemar Makan Hewan

3. Quoll

1 Ac43be876f305bb91af39b48c561dea7 600x400
Quoll | Source Image

Sama seperti wombat, hewan ini juga hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif di malam hari. Mereka juga tidur di siang harinya.

Biasanya mereka berburu hewan-hewan kecil seperti tikus, kelinci, burung, bahkan kadal sebagai makanan mereka. Selain nokturnal, mereka juga merupakan hewan arboreal, yaitu hewan yang suka menghabiskan waktunya di pohon.

Hewan ini bisa ditemukan di hutan hujan di perbatasan Victoria dan Queensland hingga Tasmania. Meskipun Quoll termasuk hewan karnivora, namun mereka juga memiliki predator.

Predator mereka ialah tasmanian devil, hewan yang masih satu ordo dengan mereka.

Ternyata, hewan-hewan marsupilai bukan hanya kangguru dan koala saja. Tiga mamalia berkantung lainnya juga merupakan hewan khas Australia, selain tak kalah lucu dengan koala dan kangguru, mereka juga memiliki keunikannya sendiri.

Berikan Nilai Untuk Konten ini