Bahan-Bahan Makanan Yang Kulitnya Seharusnya Tidak Dikupas

in ,
Bahan Makanan Yang Kulitnya Tidak Dikupas
Bahan Makanan Yang Kulitnya Tidak Dikupas

Kulit pada sayur dan buah-buahan bermanfaat sebagai pelindung bagian daging agar tidak terkontaminasi debu, kuman, dan bakteri dari luar. Karena posisinya berada di luar yang rentan kotor dan, maka kebanyakan orang mengupas bagian kulitnya terlebih dahulu sebelum dimasak atau dimakan.

Contohnya buah apel, tentu kita tidak mau memakan kotoran atau bakteri yang pada kulit apel tersebut. Maka dari itu, kita mengupasnya terlebih dahulu. Apakah kamu tergolong ke dalam orang yang memakan apel tanpa kulitnya?

Namun apakah kamu pernah mendengar orang yang mengatakan ketika memakan buah apel, harus memakan langsung dengan kulit-kulitnya. Nah, selain buah apel ternyata ada bahan-bahan makanan lainnya yang justru harus langsung dimakan bersamaan dengan kulitnya. Apa saja itu?

1. Buah apel

Apel
Apel | via Pixabay

Pada saat kita masih kecil, pasti kita sering meminta tolong kepada ibu untuk mengupas kulit pada buah apel sebelum dimakan. Alasannya karena kulitnya rasanya pahit atau teksturnya keras sehingga tidak enak dimakan.

Ternyata kulit apel mengandung kandungan zat yang bernama pektin yang memiliki fungsi baik bagi tubuh kita loh. Pektin memiliki manfaat sebagai penurun kadar kolestrol jahat atau LDl serta gula darah.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Makanan yang Ternyata Sulit Dicerna Tubuh

Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Perlu diketahui juga, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna pektin. Maka dari itu, kita sering merasa kenyang setelah mengonsumsi buah apel.

2. Sayur wortel

Wortel
Wortel | via https://cantik.tempo.co/

Bahan makanan lainnya yang biasanya dikupas terlebih dahulu sebelum dimasak atau dikonsumsi adalah sayur wortel. Mulai detik ini jangan lagi mengupas kulit wortel sebelum menghidangkannya.

Hal ini karena wortel kaya akan kandungan zat polycatylenes yang berkhasiat untuk menghilangkan sel kanker. Dan juga zat ini memiliki kandungan antiperadangan, antijamur, dan antibakteri.

Namun, perlu diingat zat ini hanya terdapat pada bagian kulit wortelnya saja. Jika kamu mengupas kulitnya, maka kamu tidak dapat merasakan khasiat sehebat ini.

3. Sayur kentang

Kentang
Kentang | via https://www.fimela.com/

Selanjutnya adalah sayur kentang yang sebaiknya tidak dikupas kulitnya sebelum memasaknya. Karena kentang yang belum dikupas kulitnya memiliki serat, folat, juga zat besi yang lebih banyak dibandingkan kentang yang telah dikupas kulitnya.

Kurangi Konsumsi 7 Makanan Ini, Agar Jantung Tetap Sehat

ARTIKEL TERKAIT •
Sama Seperti Manusia, Tumbuhan Pun Bisa Kentut

Dan juga kulit kentang memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu melawan tubuh dari serangan radikal bebas.

4. Sayur timun

Timun
Timun | via https://doripos.com/

Jika kamu memotong kulit pada timun sebelum mengonsumsinya, maka kamu tidak akan mendapatkan kandungan nutrisi hebat pada kulit timun. Karena bagian kulit timun memiliki kandungan kalsium, fosfor, vitamin K, magnesium, dan potasium vitamin A yang tinggi.

Perlu diingat timun memiliki banyak air. Air berupa serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Sayur terong

Terong
Terong | via https://www.halodoc.com/

Dan bahan makanan terakhir yang bagian kulitnya sebaiknya tidak dikupas adalah terong-terongan. Karena kulit terong memiliki kandungan zat antioksidan, serupa dengan kult kentang tadi.

Yang membedakannya ialah, kandungan antioksidan pada terong adalah nasunin. Yang bekhasiat sebagai penjaga jaringan otak.

5 Buah Yang Sebaiknya Tidak Disimpan Di Kulkas

Nah itulah 5 bahan makanan yang sebaiknya atau jangan dikupas bagian kulitnya. Karena bagian kulit pada bahan-bahan makanan ini mengandung kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Bagian Pada Buah-Buahan Ini Mengandung Racun

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.