Cara Lebah Tidak Tersesat saat Kembali ke Sarangnya

in
Credit Image: Republika

Lebah harus melakukan perjalanan yang jauh untuk mendapatkan makanan yang kemudian akan dijadikan madu. Mereka mengumpulkan nektar dengan menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh dari sarangnya.

Biasanya tugas lebah pekerja lah yang mengumpulkan nektar dari bunga atau tumbuhan lain. Lebah bisa pulang ke sarangnya tanpa tersesat, meski mereka menempuh jarak yang sangat jauh dari sarangnya.

Kira-kira bagaimana cara mereka kembali ke sarangnya setelah menempuh jarak yang jauh tanpa tersesat, ya? Berikut ulasannya!

Dibantu oleh Matahari

Cahaya Matahari
Cahaya Matahari | bobo.grid.id

Lebah pekerja, di setiap harinya harus meninggalkan sarangnya untuk mencari nektar yang akan dibuat madu. Mereka akan menempuh jarak yang cukup jauh, selain itu jalur yang dilalui juga berbeda-beda setiap harinya.

Namun, mereka tetap bisa kembali ke sarangnya tanpa tersesat meskipun mereka menempuh jarak yang jauh dengan jalur yang berbeda-beda. Ternyata untuk bisa kembali ke sarangnya, lebah memanfaatkan cahaya matahari.

Matahari digunakan oleh lebah sebagai titik yang tetap dan mempertahankan sudut. Baik saat mereka pergi dari sarang untuk mencari makanan, atau pun kembali ke sarang dari jarak yang jauh dan jalur yang berbeda, sudut Matahari akan memandu mereka untuk itu.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan dengan Waktu Tidur Paling Lama! Ada yang 20 Jam Sehari

Selain itu, lebah juga memiliki kemampuan untuk menghitung titik dan informasi lokasi dengan menggunakan ocelli, yaitu mata sederhana yang dimiliki oleh invertebrata.

Lebah Punya Gen Tertentu

Lebah Mencari Nektar
Lebah Mencari Nektar \ bobo.grid.id

Lebah memiliki gen tertentu yang disebut gen EGR. Ternyata selain Matahari, gen ini juga memiliki peran agar lebah bisa kembali ke sarang setelah melakukan perjalanan panjang mencari bahan makanan tanpa tersesat.

Gen ini berkaitan dengan adaptasi atau pembelajaran hewan bagaimana mereka menerima input baru. Selain pada invertabrata, EGR juga ditemukan ada pada hewan vertabrata.

Ketika hewan memasuki lingkungan yang asing yang tidak mereka kenal, maka gen EGR akan aktif. Gen EGR aktif ketika lebah meninggalkannya sarangnya untuk mencari bahan makanan dalam perjalanan yang jauh, lalu gen ini lah yang akan turut memandu lebah untuk kembali ke sarangnya tanpa tersesat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini