5 Hewan Laut yang Menjadi Karakter di Kartun Spongebob

in , ,
Credit Image: inet.detik

Selain animasinya yang memanjakan mata, film kartun pada umumnya memiliki cerita yang menarik dan lucu. Beberapa kartun pun mengadaptasi dari hewan, manusia, atau makhluk dari imajinasi lainnya, sehingga menciptakan karakter yang unik.

Salah satunya animasi Spongebob, film kartun buatan Stephen Hilenburg ini terinspirasi dari hewan-hewan bawah laut. Stephen sendiri juga merupakan seorang ahli biologi laut.

Berikut 5 hewan laut yang diadaptasi menjadi karakter di animas spongebob!

1. Spons Laut

Spons Laut
Spons laut | Tribun

Banyak yang mengira bahwa spons cuci piring merupakan benda yang diadaptasi oleh Stephen untuk karakter Spongebob yang menjadi tokoh utama dalam serial animasi Spongebob Sqaurepants.

Hal itu kurang tepat, karena Spons laut lah yang diadaptasi oleh Stephen. Spons laut merupakan hewan berpori yang tidak memiliki syaraf, peneceraan maupun peredaran darah seperti makhluk hidup pada umumnya.

Pori-pori pada tubuhnya digunakan untuk mengambil oksigen dan makanan. Menariknya, hewan ini sudah berada di Bumi sejak ratusan juta tahun yang lalu. Spon laut hidup di wilayah terumbu karang, tak jarang banyak yang mengira mereka adalah terumbu karang juga.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Tanaman Ini Gemar Makan Hewan

Dan kabar baiknya, spons laut bisa ditemukan di lautan Indonesia. Di Bunaken, Raja Ampat, Karimun Jawa, Bali, Mentawai.

2. Bintang Laut

Bintang Laut
Bintang laut | majalah hewan

Patrick star merupakan teman baik Spongebob dalam cerita di animasi tersebut. Karakter Patrick terinspirasi dari bintang laut merah muda. Bintang laut sering dijuluki starfish atau ikan bintang, meskipun sebenarnya bintang laut memiliki hubungan yang jauh dari ikan.

Seperti pada serialnya, Patrick memiliki rumah berbentuk batu dan ia tinggal di bawah batu tersebut. Bintang laut pun demikian, pada umumnya ia tinggal di dekat bebatuan di laut.

3. Gurita

Octopus Vulgaris
Gurita | wikipedia

Tak sedikit yang mengira bahwa Squidward yang merupakan tetangga Spongebob dalam serial animasi Spongebob Squarepants, merupakan seekor cumi-cumi. Padahal hal itu tidak benar, Squidward diadaptasi dari hewan gurita.

Gurita merupakan hewan moluska, dan masuk dalam kelas chepalopoda. Berasal dari kata Yunani, yaitu “kaphale” yang berarti kepala, dan “podos” yang berarti kaki. Dengan kata lain, hewan dalam kelas ini digambarkan seperti memiliki kepala berkaki.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali 5 Faktor Anime Berbeda Dari Kartun

Dan cumi-cumi juga termasuk dalam kelas dalam moluska tersebut.

4. Plankton

15721 Apa Itu Plankton
Plankton | bobo

Plankton merupakan karakter terkecil dalam cerita Spongebob. Ia musuh bebuyutan Mr.Krabs, meskipun dulunya mereka diceritakan bersahabat baik. Plankton kerap berusaha ingin mencuri resep rahasia Kraby Patty milik Mr.Krabs.

Plankton juga digambarkan mengonsumsi makanan dari hologram, pasti kalian pernah kan menyaksikan scene ini. Yup, ternyata dalam dunia nyata pun makanan plankton adalah cahaya. Ia adalah organisme yang memerlukan cahaya sebagai makanannya.

5. Kepiting Hantu Atlantik

Ocypode Cursor 1
Kepiting hantu Atlantik | Wikipedia

Ternyata, karakter Tuan Krab terisnpirasi dari kepiting, namun bukan kepiting sembarang kepiting.

Kepiting hantu Altlantik merupakan salah satu hewan endemik yang hanya ditemukan di sekitaran Samudera Atlantik. Memiliki nama ilmiah Ocypode cursor, kepiting hantu Atlantik aktif di malam hari untuk mencari makan, itu sebabnya kepiting ini dijuluki kepiting hantu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini