5 Fakta tentang Matcha, Minuman Enak di Kalangan Anak Muda

Minuman berwarna hijau yang dibuat dari daun teh ini memiliki rasa yang berbeda dari teh hijau biasa. Berikut ini 5 fakta tentang matcha.

7
0

Matcha adalah minuman yang sedang populer dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah lima fakta tentang matcha yang perlu kamu tahu.

Matcha, minuman berwarna hijau, saat ini semakin terkenal sebagai minuman dan bahan campuran makanan. Ternyata, minuman ini mengandung zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Minuman berwarna hijau yang terbuat dari daun teh ini memiliki rasa yang berbeda dari teh hijau biasa. Matcha sangat terkenal kita gunakan sebagai minuman atau bahan tambahan dalam makanan.

Baca Juga: Fakta Unik Danau Hillier Berwarna Merah Muda di Australia

Tidak hanya memberikan sensasi enak, matcha juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh menurut para ahli. Manfaat ini berasal dari berbagai zat aktif alami yang terdapat dalam matcha.

Khasiat kesehatan matcha hampir serupa dengan jenis teh lainnya. Namun, ada sedikit perbedaan dan beberapa keunggulan matcha jika membandingkannya dengan teh pada umumnya.

Fakta Mengenai Kandungan Matcha

013871300 1546866403 Resep Green Tea Latte Super Lezat Ala Cafe

Baca Juga: Cara Membuat Cromboloni Viral yang Renyah Kres-kres di Tiktok

Berikut adalah lima fakta mengenai kandungan matcha menurut PAeats:

1. Berasal dari Zaman Kuno

Matcha telah ada sejak zaman kuno dan bukanlah hal baru dalam kehidupan modern. Asal-usulnya dapat ditelusuri hingga berabad-abad yang lalu di Jepang. Para leluhur di Jepang telah lama menggunakan matcha sebagai pengobatan alami. Mereka telah menemukan banyak cara untuk mengobati berbagai penyakit menggunakan matcha.

Matcha juga sering berguna sebagai sajian selama bermeditasi. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan sensasi ketenangan setelah meminum segelas matcha.

2. Kaya Antioksidan

Matcha bukan hanya sebagai teh, tetapi juga sebagai superfood oleh para ahli. Matcha mengandung antioksidan alami yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari lingkungan sekitar. Kandungan antioksidan pada matcha bahkan setara dengan buah delima, blueberry, brokoli, dan bayam.

Berdasarkan hasil penelitian, matcha mengandung 137 kali lebih banyak katekin daripada teh biasa. Katekin ini memiliki manfaat sebagai antioksidan yang tidak ada pada makanan lain.

Baca Juga: Fakta Gurita Dumbo, Penghuni Laut dalam Terimut

3. Terbuat dari Daun Teh Utuh

Matcha adalah jenis teh yang terbuat dari daun teh khusus yang dihaluskan menjadi bubuk. Berbeda dengan teh pada umumnya yang menyeduh daun teh, matcha membuat penikmatnya menelan daun teh secara utuh.

Setelah menghaluskan daun matcha, daun tersebut akan diseduh dengan air panas dan kemudian dicampur dengan baik untuk digunakan dalam makanan atau minuman. Proses ini memastikan bahwa tidak ada bagian daun teh yang terbuang, sehingga semua nutrisi yang terkandung dalam daun teh dapat terserap oleh tubuh dengan efektif. Contohnya adalah vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino.

4. Terdapat Kandungan Kafein

Meskipun tidak termasuk dalam jenis kopi, matcha juga mengandung kafein. Fakta bahwa kafein juga ada dalam semua jenis teh telah tersampaikan oleh ahli dan peneliti berulang kali.

Menariknya, kafein yang terkandung dalam matcha tidak menyebabkan lonjakan energi yang drastis seperti kandungan kafein dalam kopi. Akibatnya, energi dan fokus yang muncul akan lebih stabil dan berlangsung dalam waktu yang lebih lama. Kandungan kafein dalam matcha juga tidak sebesar kandungan kafein dalam kopi. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba menggantikan kebiasaan minum kopi dengan minum matcha.

Baca Juga: Fakta Menarik Warna Pelangi, Terdiri Dari Jutaan Warna

5. Membuat Kita Merasa Bahagia

Menurut para ahli, matcha memiliki kandungan L-theanine yang dapat menciptakan perasaan bahagia. Komponen aktif ini dapat merangsang dopamin dan serotonin secara unik.

Otak menghasilkan kedua hormon ini sebagai zat kimia yang dapat menghasilkan perasaan bahagia. Konsumsi matcha akan meningkatkan kemampuan ingatan, perasaan bahagia yang lebih baik, dan konsentrasi yang lebih baik.

Kari Deandra, yang merupakan pemilik Pureblend Tea, mengungkapkan bahwa dia telah mengganti konsumsi kopi setiap paginya dengan matcha. Dampaknya adalah dia berhasil mengurangi kecanduannya terhadap kopi sambil tetap merasa bahagia dan lebih sehat.

Baca Juga: Fakta Unik Danau Hillier Berwarna Merah Muda di Australia

Tinggalkan Balasan