Perbedaan Forest, Woods, dan Jungle

in
Photo 1541959833400 049d37f98ccd
Credit photo: Unsplash

Dalam bahasa Inggris, kata hutan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu forest, woods, dan juga jungle. Baik, woods, forest, maupun jungle, dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang sama, yaitu hutan. Namun sebenarnya, terdapat perbedaan dari ketiga kata tersebut.

Forest

Ireland’s forest | dw

Dalam kamus Merriam-Webster, forest adalah pohon dan semak yang menutupi sebagian besar bidang karena kelebatannya. Sedangkan woods merupakan pepohonan yang tumbuh secara lebat dan lebih luas dari semak belukar, namun ukurannya lebih kecil dibandingkan forest.

Mengapa woods lebih kecil dari forest?

Paw Paw Woods | fpdcc

Karena adanya peraturan dari Inggris pada 1066. Saat itu forest adalah sebidang tanah yang dimiliki oleh kerajaan Inggris yang berfungsi sebagai area perburuan bagi keluarga kerajaan Inggris.

Meskipun demikian, saat ini FAO dan ilmuan memberikan kriteria tertentu untuk forest dan woods.

Luas forest harus sekitar 1,24 hektar tanah, puncak pohon luasnya harus lebih dari sepuluh persen luas lahan.

Untuk woods, lahan yang ditanami pohon memiliki luas yang sama dengan forest, namun luas kanopinya hanya sekitar lima sampai sepuluh persen luas lahan. Artinya, bisa dibilang forest lebih lebat dibandingkan woods.

ARTIKEL TERKAIT •
Terlihat Sama, Ini Perbedaan Kura-Kura dan Penyu

Lalu bagaimana dengan jungle?

Jungle
Jungle | bujo safaris

Sebenarnya jungle tidak memiliki klasifikasi ilmiah. Menurut situs Sciencing, jungle biasanya digunakan oleh ilmuwan untuk menyebutkan hutan tropis. 

Alasannya mungkin karena hutan tropis merupakan tempat jutaan tanaman dan hewan dari berbagai jenis. Artinya hutan tropis begitu padat oleh flora dan fauna yang menghuni wilayah tersebut. Jungle merupakan sebutan umum untuk sebuah hutan yang lebat.

Menurut hal ini bisa kita simpulkan bahwa, sebenarnya jungle bisa dibilang merupakan bagian dari kategori forest itu sendiri.

Berikan Nilai Untuk Konten ini