Tidak Ada Ular yang Hidup di Irlandia

in ,
Credit Image: SehatQ

Kita bisa menemukan ular dengan mudah di rawa-rawa, kebun, atau pun hutan. Ular memang merupakan salah satu jenis reptil yang mudah sekali ditemukan, bahkan tak jarang ditemukan di pemukiman warga.

Bisa ular berbahaya, itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk menghindari hewan reptil yang satu ini. Meskipun tak jarang juga ada orang-orang yang justru memeliharanya di rumah, seperti para pencinta reptil.

Meskipun dikenal berbisa, beberapa jenis ular bahkan tak memiliki bisa. Namun tetap saja mereka berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Selain lilitannya yang bisa meremukkan tulang (untuk jenis boa atau piton), gigitannya juga menyakitkan.

Ular memang dengan mudah ditemui di mana pun, namun ternyata ada beberapa tempat atau pulau yang tak memiliki habitat ular di dalamnya, contohnya saja Irlandia. Berikut ulasannya!

Zaman Es

Peta Zaman Es Wilayah Inggris
Peta Zaman Es Wilayah Inggris | icemap

Sekitar 10.000 tahun yang lalu, Irlandia masih terhubung dengan daratan lain. Saat itu masih berlangsungnya zaman es. Saat zaman es berlangsung, daratan Irlandia dan Inggris yang saling berdekatan masih dilapisi oleh lapisan es.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Spesies Baru Terbaik Tahun 2019

Ular yang notabennya hewan berdarah dingin, membuat kedua wilayah saat itu tidak dihuni oleh ular. Mereka harus mencari tempat yang memiliki suhu hangat untuk menjalankan fungsi tubuhnya.

Lalu, ketika zaman es berlalu, daratan penghubung Eropa, Inggris, dan Irlandia mulai terlihat akibat mencairnya lapisan es dan gletser yang melapisi jembatan darat yang menghubungkan tiga wilayah tersebut.

Akhirnya, hewan-hewan dan termasuk ular-ular memungkinkan untuk bermigrasi atau melakukan perjalan ke tiga wilayah tersebut.

Jembatan Darat Menuju Irlandia Tenggelam

Beberapa hewan termasuk tiga spesies ular berhasil bermigrasi ke daratan Inggris. Mereka menjadikan Inggris sebagai habitat barunya. Namun, hal yang sama tidak terjadi di Irlandia.

Tidak ditemukan keberadaan ular di Irlandia, bahkan seorang penjaga di National Museum of Ireland, bernama Monagahan telah meneliti koleksi fosil dan catatan hewan-hewan Irlandia. Ia tidak menemukan satupun bukti adanya fosil ular di masa lalu di Irlandia.

Ternyata, tenggelamnya jembatan darat yang menghubungkan daratan lain ke Irlandia lah yang menjadi penyebabnya. 1500 tahun setelah zaman es berlangsung, jembatan darat yang menghubungkan Inggris ke Irlandia tenggelam.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik dan Murah

Berbeda dengan jembatan darat yang menghubungkan Inggris dengan Eropa yang bertahan lebih lama hingga 2000 tahun. Karena hal ini, ular dari Inggris dan Eropa tidak bisa bermigrasi ke Irlandia, satu-satunya jalan menuju Irlandia ialah melalui jalur laut.

Ular, yang merupakan bukan hewan air tentu saja akan kesulitan untuk berenang dengan jarak tempuh sekitar 80 km. Akibatnya hingga saat ini, tidak ditemukan satu ular pun yang berhabitat di Irlandia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini