Serangga Air Ini Bagai Monster, Memangsa Kodok Hingga Ular

in
Serangga Air Raksasa Memakan Kodok Shin Ya Ohba Thesun
Credit Picture: Mongabay

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Shin-ya Ohba, seorang profesor entomologi di Universitas Nagasaki, Jepang, mengungkapkan banyak hal menarik tentang serangga air raksasa yang akan kita bahas ini. Penelitiannya diterbitkan di jurnal Entomological Science.

Hewan ini disebut sebagai serangga air raksasa atau giant water bugs dari ordo Heteroptera dan keluarga Belostomatidae. Bukan hanya memakan sesama serangga, hewan ini bahkan memangsa ular, ikan, kura-kura, hingga itik.

Merupakan serangga terbesar dalam ordo Heteroptera

Serangga Air Raksasa Shin Ya Ohba Nationalgeographic
Serangga Air Raksasa sedang memangsa kura-kura | mongabay

Serangga dengan nama ilmiah Lethocerus deyrollei ini merupakan serangga terbesar dalam ordo heteroptera. Heteroptera merupakan sub ordo dari ordo hemiptera (kepik sejati). Jadi hewan ini merupakan jenis serangga kepik, meskipun banyak yang menyebutnya kutu buaya.

Banyak spesies kutu air yang ditemukan di air tawar di seluruh dunia, ada sekitar total 170 spesies. Dengan beragam ukuran 1 cm hingga 12 cm, mereka merupakan ancaman bagi nyamuk dan hama perikanan. Spesies terbesar mereka ditemukan di Amerika Selatan.

Peran jantan merawat anak

Serangga Air Raksasa Bawa Telurnya Alamy The Sun
Serangga air raksasa jantan membawa telur-telurnya | mongabay

Ada hal yang menarik dari persaingan kawin pada serangga ini. Jantan memiliki peran merawat anak-anaknya, mereka akan memabwa telur-telur di punggung mereka lalu meletakkanya di atas tumbuhan-tumbuhan. Jantan tersebut tidak akan kawin hingga telur-telurnya menetas.

ARTIKEL TERKAIT •
Begini 5 Cara Ampuh Untuk mengusir Semut Dalam Rumah

Sang betina pada serangga ini, adalah yang memiliki peran mencari jodoh, bahkan antar betina saling bertarung untuk memperebutkan sang jantan.

Memangsa banyak hewan

Serangga Air Raksasa Dapat Netralisir Bisa Ular Thesun
Serangga air raksasa bisa menetralisir bisa ular | mongabay

Dalam berburu mangsa, hewan ini menggunakan kaki depannya yang memang dimodifikasi untuk menjepit. Lalu, mereka akan menyuntikan air liurnya yang mampu melelehkan bagian dalam tubuh mangsanya.

Kemudian, serangga ini akan menyedot isi tubuh yang meleleh tadi lewat mulutnya. Proses yang berlangsung selama berjam-jam ini terjadi bahkan saat mangsanya masih dalam keadaan hidup.

Serangga Air Raksasa Memakan Sedot Berjam Jam Terkadang Hidup Thesun
Serangga air raksasa sedang menyedot isi dari kodok | mongabay

Jadi, ia menyiksa mangsanya secara perlahan dan memakannya hidup-hidup. meskipun begitu, gigitan serangga ini tidak berbahaya bagi manusia, bahkan tidak membawa penyakit apa-apa. Namun memang gigitannya sangat menyakitkan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini