Para Ilmuwan ini Telah Membuat Lampu Pijar Sebelum Thomas Alva Edison

in
Wpid 1749542289

Banyak dari kita yang mengira bahwa, Thomas Alva Edison adalah penemu lampu pijar yang selama ini telah menjadi penerangan.

Ternyata, sebelum Thomas mengembangkan dan mematenkan penemuannya tersebut, ada ilmuwan yang terlebih dulu membuat lampu pijar.

Warren de la Rue

Warren De La Rue Royal Institution Of Great Britain Science Photo Library
Source picture

Warren de la Rue merupakan ilmuan asal Inggris. Pada tahun 1808, dengan menggunakan kumparan platinum, ia membuat lampu pijar.

Namun lampu pijar buatannya dinilai sangat mahal dan tak bertahan lama. Meskipun begitu, penemuannya tersebut memberikan harapan bagi ilmuan lain untuk mengembangkan hingga menciptakan lampu pijar yang lebih baik.

J. W. Swan

Sumebr Gambar: Alchetron

Pada tahun 1840, seorang ilmuan bernama Grove menyempurnakan penemuan lampu pijar dari Warren. Hasilnya, lampu pijar buatan Grove lebih praktis untuk sebuah lampu listrik.

Lalu penemuan tersebut dikembangkan kembali oleh J. W Swan. Ia menciptakan lampu pijar dengan memanfaatkan pemrosesan serat kapas dengan asam sulfat menggunakan kertas karbonisasi.

Namun, lampu pijar buatannya memiliki kelemahan. Bola lampu buatannya menjadi menghitam. Kemudian, ada ilmuan lain bernama Hiram Maxim yang melengkapi kelemahan lampu buatan J. W Swan tersebut.

Hiram Maxim dianggap sebagai penemu dan memasang lampu listrik pertama.

Lampu modern pertama

Thomas Alva Edison | bobo.grid.id

Pada tahun 1879, Thomas Alva Edison mengembangkan dan mematenkan lampu pijar yang menjadi awal mula perkembangan lampu modern.

Selama bertahun-tahun beliau mengembangkan lampu pijar buatannya sehingga terciptalah teknologi lampu yang selama ini bisa kita nikmati.

Edison juga memiliki 1000 lebih hak paten Amerika Serikat di bawah namanya. namun penemuan bola lampu pijar listrik lah yang membuat ia menerima penghargaan Internasional.

Penemuan bohlam listrik milik Edison dianggap sebagai perkembangan penting bagi dunia indsutri modern.

Tinggalkan Balasan