Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

in
Cara Merawat Kucing Persia
Credit Picture: Hewany.com

Tak hanya kalian, mimin pun masih sering kali salah mengira perbedaan kucing anggora dan kucing persia. Dilihat sekilas dua jenis kucing ini memang sama, namun ternyata jika kita perhatikan dengan secara seksama, mereka berdua memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Berikut perbedaan kucing anggora dan kucing persia!

1. Bentuk Wajah

Wajah kucing anggora terlihat seperti segitiga, ada lekukan pada wajahnya. Itu karena anggora memiliki hidung yang relatif mancung. Telinganya lebih runcing dan terkadang ada bulu di bagian ujungnya. Corak matanya pun terlihat tajam dan sangar.

Sementara itu, kucing persia memiliki bentuk wajah yang bulat dan datar. Artinya, tidak seperti kucing anggora, kucing persia tidak memiliki lekukan di wajahnya.

Hidung yang dimiliki kucing anggora pun relatif pesek atau agak pesek. Corak matanya juga lebih bervariasi dibandingkan dengan kucing anggora.

2. Bentuk Tubuh

Kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang, berbeda dengan kucing persia yang memiliki bentuk tubuh lebih pendek dan terlihat bulat karena gemuk.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Kesalahan Dalam Merawat Kucing, Jangan Sampai Kamu Lakukan Ya

3. Bulu

Kucing persia memiliki bulu yang lebat merata di seluruh tubuhnya, berbeda dengan kucing anggora yang memiliki bulu panjang dan tebal yang biasanya hanya terdapat pada surai dan ekornya saja.

4. Sifat

Jika dibandingkan dengan kucing anggora, kucing persia cenderung kucing yang malas, lebih suka berdiam, bahkan bermanja-manja dengan sang pemilik.

Sementara kucing anggora merupakan kucing yang aktif, suka bermain dan berlari-lari. Bahkan kucing jenis anggora lebih mudah untuk dilatih.

5. Negara Asal

Meskipun kita bisa menemukannya di Indonesia, kedua jenis kucing ini ternyata bukan berasal dari negara kita. Kucing anggora sudah dikenal sejak tahun 1600 masehi. Kucing ini berasal dari Ankara, Turki.

Sementara itu, kucing persia berasal dari Iran, sesuai namanya “Persia” yang merupakan nama Iran zaman dahulu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini