Tips Menjinakan Kucing Liar Dengan Mudah

in
Tips Menjinakan Kucing Liar
Tips Menjinakan Kucing Liar | Source: catster.com

Kucing memang merupakan salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tidak heran banyak orang yang memelihara hewan tersebut. Namun kucing yang menggemaskan dan lucu biasanya merupakan kucing peliharaan.

Nah, biasanya kucing liar memiliki sifat yang galak karena darah liar tertanam di dalam tubuhnya. Namun semua hewan bisa dijinakan apabila pemiliknya memiliki metode yang pas untuk menjinakan hewan tersebut.

Nah berikut adalah cara menjinakan kucing liar

1. Ketahui sifat kucing terlebih dahulu

Ketahui Sifat Kucing Terlebih Dahulu 1
Mengetahui sifat kucing | Source

Lihatlah sifat kucing terlebih dahulu sebelum mengambil dan menjinakan si kucing. Apakah si kucing merasa marah atau merasa takut saat sedang didekati manusia.

Nah, hal itu bisa kamu lihat dengan bahasa tubuh si kucing. Misalnya, pupil mata yang membesar, bulu-bulunya yang berdiri, punggung yang melengkung ke atas dan mengeluarkan suara menggeram itu berarti kucing sedang sedih atau marah.

Jika kucing kamu memperlihatkan ciri-ciri seperti itu, ada baiknya jangan didekati terlebih dahulu dan tunggulah hingga kucing sudah tenang.

2. Dekati dan berilah kucing makanan

Dekati Dan Berilah Kucing Makanan 1
Mendekati kucing dan memberinya makan | Source

Cobalah untuk memberi makanan yang paling disukai kucing. Contohnya ikan. Cobalah untuk perlahan mendekati kucing tersebut lalu berilah kucing ikan dengan mengatakan “Pus”.

ARTIKEL TERKAIT •
Ingin Terlihat keren Di Sekolah? Ikuti 6 Tips Ini

Nah cobalah untuk melihat reaksi kucing tersebut. Kucing yang ketakutan biasanya akan mengeluarkan suara desis. Jika kucing memperlihatkan reaksi tersebut, jangan terburu-buru untuk memberi makan kucing tersebut.

Tunggulah agar kucing lebih nyaman dan berilah ia lebih banyak waktu. Dan kemudian cobalah beri ikan itu lagi, sampai kucing itu perlahan merasa nyaman dan menerima pemberian makanan.

3. Eluslah kucing menggunakan kayu

Eluslah Kucing Menggunakan Sendok
Mengelus kucing menggunakan sendok | Source

Cobalah untuk membuat tangan-tanganan dengan tongkat atau spatula kayu, dan cobalah untuk mengikatkan kain ke ujung tongkat tersebut. Nah, kain lembut yang memiliki bulu adalah pilihan terbaik.

Saat kucing sedang makan, ulurkan ujung tongkat yang terdapat kain ke kepala si kucing, dan cobalah untuk mengelus secara perlahan dan jangan sampai membuat ia terkejut. Akan membutuhkan waktu beberapa hari percobaan agar kucing merasa nyaman dengan cara ini.

Jika si kucing kabur, jangan mengejarnya, biarkan saja dan eluslah lain kali. Lakukan hal ini terus menerus agar kucing merasa nyaman dan lebih percaya denganmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Daftar Hewan Yang Waktu Tidurnya Hanya Sebentar, Bahkan Ada Yang Tahan Tak Tidur Berbulan-Bulan

Berikan Nilai Untuk Konten ini