Tips Mengobati Kucing Kamu Yang Keracunan

in
Tips Mengobati Kucing Kamu Yang Keracunan
Tips Mengobati Kucing Kamu Yang Keracunan | Source: barcampboston.org

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Selain tingkahnya yang lucu, kucing juga merupakan hewan berwajah yang menggemaskan. Tidak heran banyak banget yang memelihara kucing dan selalu memberikan makan kucing.

Namun masih banyak orang yang memberikan makanan ke kucing peliharaannya tanpa dilihat terlebih dahulu apakah makanan tersebut baik untuk kucing atau tidak yang kemudian mengakibatkan kucing keracunan.

Baca juga – Ciri-Ciri Kucing Keracunan

Tidak sedikit pemilik kucing yang kehilangan kucing kesayangannya . Oleh karena itu, sebenarnya ada beberapa cara mengobati kucing keracunan, berikut adalah caranya.

Berikut adalah cara mengobati kucing yang keracunan

1. Kenalkan jenis racun

Sebenarnya kamu harus meneliti terlebih dahulu racun apa yang ada pada tubuh kucing. Namun mungkin kamu tidak tau cara melakukannya. Sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya harus mengingat apa yang sebelumnya dimakan atau diminum oleh kucing kamu.

Setelah itu, kamu bisa browsing lewat internet atau menanyakan soal penyakitnya ke grup Pecinta Kucing di media sosialmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah melakukan penanganan dan mengobati kucing kamu.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Belut Listrik Bisa Tersengat Listrik yang Dikeluarkannya?

2. Tempatkan kucingmu di area udara yang bagus

Jika kucing kamu sedang keracunan udara, cobalah untuk meletakan kucingmu ke tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus dan sehat. Namun jangan tinggalkan kucingmu begitu saja, tetap perhatikan bagaimana reaksi kucingmu saat itu.

3. Berikan air kelapa, kuning telur atau susu

Selain memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan racun pada tubuh manusia. Air kelapa juga bisa menghilangkan racun pada tubuh kucing. Selain air kelapa, ada juga beberapa makanan yang bisa jadi penghilang racun pada kucing. Salah satunya adalah kuning telur mentah dan susu.

Saat kucingmu memperlihatkan tanda dirinya sedang keracunan, sebaiknya cepatlah berikan air kelapa agar racun di dalam tubuh kucing kamu dinetralisir oleh kandungan yang terdapat pada air kelapa.

Ingat, selain air kelapa, kamu juga bisa memberikannya telur mentah ataupun susu, dan gunakanlah pipet agar kuning telur ataupun susu tersebut bisa langsung masuk ke dalam tubuh kucingmu.

4. Buatlah kucing agar muntah

Ada beberapa racun yang harus dimuntahkan dan tidak boleh dimuntahkan. Contohnya racun yang tidak boleh dimuntahkan adalah racun asam dan basa, karena jika dimuntahkan, hal itu bisa memperburuk kondisi si kucing.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Makan Sama Sekali?

Nah, jika racunnya adalah racun yang harus dimuntahkan, cobalah untuk memberikan hidrogen peroksida 3%, dosisnya adalah 2 hingga 3 ml perkilo berat dari si kucing.

5. Bersihkan sumber dari racun

Jika kamu sudah melakukan penangan pada kucing kamu yang keracunan dan kucing kamu sudah sembuh. Cobalah untuk membersihkan sumber makanan atau minuman yang sebenarnya adalah sumber dari racun.

Hal ini agar kucing kamu tidak meminum atau memakan makanan yang sama dan tidak keracunan lagi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini