menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFaktapediaMakan Makanan Pedas Menyebabkan Kanker Usus? Nih Simak Penjelasannya!

Makan Makanan Pedas Menyebabkan Kanker Usus? Nih Simak Penjelasannya!

Makan pedas kanker usus
Minews ID

Apakah benar makanan pedas menyebabkan kanker usus?

Ya pandangan / pertanyaan tersebut hingga detik ini masih super ambigu ke-validan nya. Tapi di saat yang sama, lucunya walau merasa khawatir begini, banyak dari kita yang tetap saja menyantap makanan pedasnya.

Ya itulah kita orang Indonesia. Kalau tidak makan makanan pedas, rasanya seperti “gak makan”. Makanya, gak heran juga jika rata-rata makanan pedas Indonesia sangat “luar biasa” kepedasannya.

Tapi ya itulah anehnya guys. Kalau memang khawatir bisa mengakibatkan kanker usus, lalu kenapa tetap bandel? Ya itulah kita he..he. Tapi serius nih. Apa memang iya kalau kebanyakan makan pedas akan kena kanker usus spesifiknya, usus besar?

Belum Ada Penemuan Valid-nya

Makanan Pedas
TIMES Indonesia

Menanggapi hal ini, Dr. Ikhwan Rinaldi mengungkapkan bahwa kanker usus besar umumnya terjadi karena sering paparan radikal bebas, yang biasanya, berasal dari alkohol dan rokok. 

Jadi yap apabila kamu masih sering merokok atau perokok berat, ya “siap-siap aja” untuk menyambut “kedatangan” Mr. Cancer di dalam usus besar kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Dan untuk makanan pedas menurut Rinaldi, hingga detik ini belum ditemukan penelitian yang valid bahwa makan makanan pedas akan menyebabkan kanker usus. Tapi jangan senag dulu nih guys.

Di saat yang sama, Rinaldi juga mengatakan tak menutup kemungkinan makanan pedas bisa memicu kanker usus besar. Jika makanan pedas tersebut mengandung banyak pengawet, maka ya kankernya akan terjadi.

Pedas Pengawet

5de70cc87fab63055f7fc87f
Mommyasia

Nah dari pernyataan dan pembahasan ini, maka dapat disimpulkan kalau makan pedas itu tidak menyebabkan kanker usus besar. Kalaupun iya, bukan pedasnya yang membuat demikian. Melainkan, bahan pengawet kimia yang ada di dalam bahan pedasnya.

Walau demikian, tetap kita harus membatasi semuanya. Jangan berlebihan. Makanlah pedas sesuai kemampuan kita saja. Kalau tidak biasa terus dipaksaskan ya jadinya akan membuat kita tidak nyaman bahkan sakit perut hebat.

Biasakan diri saja dulu dengan 1-2 cabai (pokoknya ada “gelitik-gelitik” dikit aja). Kalau annti sudah merasa “gak nantang”, baru deh kamu tambah lagi level nya. Pokoknya jangan kaget atau mendadak aja guys.

Semoga pembahasannya ini bermanafaat ya guys!

Add comment