Mengapa Orang yang Tidur Cenderung Tidak Bisa Mendengar?

in
Mengapa Orang Tidur Cenderung Tidak Mendengar
Mengapa Orang Tidur Cenderung Tidak Mendengar

Saat manusia tidur, indra pendengaran manusia tetap bekerja seperti biasanya. Ia tetap mampu mendengar suara-suara disekitarnya. Entah itu suara nyamuk, suara tetangga, bahkan suara hati mantan pun bisa terdengar.

Akan tetapi, tidak semua suara yang dapat kita dengar ketika sedang molor. Hal ini karena adanya otak yang bertugas sebagai alat penyaring. Otak akan memutuskan apakah memilih untuk mendengarkan suara tersebut lalu terbangun ataukah tetap melanjutkan aktivitas tidur.

Otak yang memutuskan saat kita tidur

Jika otak memutuskan untuk bangun, maka kita akan tahu suara yang kita didengar saat kita terlelap. Namun, jika otak memutuskan untuk tidak bangun, maka kita akan merasa tidak mendegar apapun.

Baca Juga: Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

Hal tersebut menjadi seperti alat khusus yang berguna untuk melindungi tidur supaya tidak terbangun dari situasi sekitar namun tidak ‘menutup’ sepenuhnya dengan dunia luar.

Pernahkah kamu terbangun karena suara yang tidak biasa atau tidak penting, seperti suara langkah kaki manusia atau suara jangkrik? Jika pernah, itu merupakan hal yang wajar.

ARTIKEL TERKAIT •
Fenomena Matahari Bercincin, Sebuah Hal Mistis?

Karena otak memiliki kemampuan untuk mengenali suara abnormal yang bisa saja mengancam diri kita sendiri, sehingga otak dapat memperingatkan kita dari ancaman tersebut. Sehingga kita bisa memilih, apakah ingin bertahan dengan tidur kita, atau segera terbangun untuk memeriksa keadaan sekitar.

Baca Juga: Kamu Insomnia? Berikut 5 Tips Mengatasi Susah Tidur

Tingkat kepekaan seseorang berbeda-beda

Cenderung Tidak Bisa Mendengar Saat Terlelap
Foto: unsplash.com

Saat ada suara yang penting, seperti nama, otak akan dapat membangunkan kita, karena otak memiliki kemampuan seperti itu. Kita akan cenderung lebih cepat bangun saat mendengar ada yang memanggil nama kita daripada mendengar nama orang lain.

Tapi perlu kita ketahui, tingkat kepekaan tiap orang itu tidaklah sama. Ada yang mudah terbangun karena keadaan sekitar dan ada pula yang tidak terbangun meskipun keadaan sekitarnya sangat bersisik.

Baca Juga: 5 Trik Agar Bisa Mendapatkan Waktu Tidur Yang Efektif & Berkualitas

Jika otak sangat mudah memutuskan untuk membangunkan seseorang dari tidurnya, maka orang itu sangat responsif terhadap suara.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Fakta Sejarah Unik Antiseptik yang Mungkin belum Kalian Ketahui

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.