Inilah 6 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia

in
desa terindah di indonesia
Inilah 6 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia

Kehidupan di desa keseringan diidentikkan dengan kesan kuno lalu membosankan, karena diangap tidak memiliki kemewahan dan tidak tersentuh alat kecanggihan teknologi. Akan tetapi lain ceritanya jika kamu mengunjungi dan mampir kebeberapa desa-desa terindah dan tercantik yang ada diindonesia ini.

Terkadang hiruk pikuk kota memang sangat melelahkan lalu liburan ke desa pun menjadi pilihan favorit wisatawan. Nuansa alam dan kearifan budaya didesa akan menjadi keseruan tersendiri. Maka, kamu akan menikmati pesona alam dan budaya yang kemudian membuat pikiranmu tenang.

Berikut ini adalah 5 desa terindah dan tercantik yang ada di Indonesia. Kamu yang gemar berpetualang, jangan sampai ketinggalan desa berikut ini.

1. Desa Panglipuran, Bali

Hipwee Desa Penglipuran
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia | hipwee

Panglipuran disebut-sebut sebagai desa terbersih di dunia. Suasana pedesaan ala Bali yang menyejukkan mata. Pesona Desa Panglipuran memang luar biasa.

Nama Penglipuran sendiri berasal dari akronim kata pengeling dan pura yang berarti mengingat tempat suci (para leluhur). Awalnya, masyarakat desa ini berasal dari Desa Bayung Gede, Kintamani, yang bermigrasi permanen karena suatu hal ke desa Kubu Bayung, yang kini menjadi desa Penglipuran.

2. Desa Sade, Lombok

Rumah Di Desa Sade Lombok
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia |lombook

Desa terindah dan tercantik selanjutnya adalah Desa Sade. Desa ini salah satu desa tradisional suku Sasak di kabupaten Lombok Tengah. Dengan seluas 5,5 hektare ini memiliki konstruksi bangunan yang sangat sederhana. Desa yang masih menyimpan adat istiadat dan kebudayaan suku asli pulau Lombok ini, sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun macanegara.

Lantai rumanya terbuat dari tanah liat lalu dindingnya menggunakan pagar anyaman dari bambu, serta atap yang terbuat dari alang-alang kering. Bangunan tersebut ditopang kayu yang kuat.

3. Desa Adat Ratenggaro, Nusa Tenggara Timur

Penyambutan Tarian Khas Sumba Oleh Remaja Wanita Desa Ratenggaro
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia |indonesiakaya

Memasuki kawasan Desa Adat Ratenggaro membuat para pengunjungnya serasa kembali ke jaman megalithikum sekitar 4.500 tahu yang lalu, Di mana masih terdapat kuburan batu tua di sekitar perkampungan.

Lokasinya berada di tepi pantai yang indah. Atap-atap rumah adat di sini sangat tinggi, bahkan bisa dibilang yang tertinggi di Sumba. Lalu disekitarnya juga terdapat kubur batu leluhur Ratenggaro yang sudah berusia ratusan, bahkan ada yang menyebut ribuan tahun. Di desa ini Anda bisa berkeliling dengan nmenaiki kuda.

Terdapat 304 buah kubur batu dan 3 di antaranya berbentuk unik dan terletak di pinggiran laut. Ukuran dan pahatan pada tiap kubur batu semakin menambah kesan magis dan mendalam pada peninggalan leluhur. 

4. Desa Wae Rebo, Flores

13056621564 Fc27686328 B
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia| klikmania

Desa yang keempat ini adalah desa Wae Rebo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur ini bak surga di atas awan. Diperlukan perjuangan untuk dapat mencapai desa ini. Namun, apa yang akan Anda dapatkan saat tiba di lokasi tentunya sebanding dengan perjalanan yang sudah ditempuh.

Benar-benar keindahan yang sulit untuk digambarkan dengan kata-kata, desa adat dengan atap rumbia menjulang tinggi yang berada di tengah bentangan perbukitan hijau. Wae Rebo sukses menerima penghargaan dari UNESCO sebagai Top Award of Excellence pada 2012. Sejauh mata memandang, kamu akan menikmati hamparan pemandangan hijau yang memukau.

5. Desa Sembalun Lawang, NTB

1558681567 Sembalun
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia |indonesia

Sembalun Lawang ini adalah sebuah desa yang kecil dan berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Desa kecil yang indah ini berada di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa, terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal.

6. Desa Cikeusik, Baduy

1200px Barisan Pemukiman Suku Baduy Luar
Inilah 5 Desa Terindah dan Tercantik di Indonesia |id.wikipedia

Desa Cikeusik yang dikenal dengan tidak memperbolehkan teknologi atau hal-hal yang berkaitan dengan dunia modern ke desa adatnya.

Perkampungan mereka berada di sekitar aliran sungai Ciujung dan Cikanekes di Pegunungan Keundeng. Atau sekitar 172 km sebelah barat Ibukota Jakarta dan 65 km sebelah selatan ibu kota Serang.

Terasa damai dan tentram. Mandi dan toiletnya berada di sungai lalu tidak diboleh untuk nyalain HP atau peralatan modern. Tidak ada listrik dan masak makanannya masih tradisional sekali. Buat lari dari hiruk pikuk kota desa ini sangat cocok.


Demikianlah beberapa informasi seputar desa-dea terindah dan tercantik yang ada di Indonesia. Baca juga Inilah 5 Suku dengan Wanita Paling Cantik di Indonesia(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini