Apa yang Terjadi Jika Seluruh Virus di Dunia Musnah?

in
Apa Yang Terjadi Jika Virus Di Dunia Musnah
Apa Yang Terjadi Jika Virus Di Dunia Musnah

Sejak dulu kala, virus menjadi musuh yang sangat berbahaya bagi manusia. Agen infeksium yang berada dalam sel hidup organisme lain ini bisa berpindah, bertumbuh di seluruh bentuk organisme dari tumbuhan, hewan, atau bahkan bakteri.

Sepertinya agen infeksi ini hanya tercipta sebagai kuman dan pandemi utama dunia.

Di dunia ini terdapat jutaaan bahkan milyaran agen infeksi yang hidup. Wujudnya yang tak terlihat selalu membawa malapetaka bagi makhluk hidup. Karena bisa membawa penyakit yang berbahaya.

Salah satunya ialah Covid-19 yang menggemparkan dunia saat ini. Namun, apa jadinya jika seluruh virus di dunia ini musnah? Apa yang akan terjadi?

Baca Juga: Apa Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kutub Utara Dan Selatan Mencair?

Memang pandemi merupakan masalah yang besar bagi kelangsungan makhluk hidup. Namun ternyata jika semuanya musnah, malah akan menjadi masalah yang lebih serius dibandingkan pandemi.

Merupakan Kunci Ekosistem

Virus Di Dunia Jika Musnah
Foto: tribunnews.com

Melansir dari laman science info menyebutkan virus merupakan kunci dari ekosistem. Contohnya adalah bakteriofag dan fag. Keduanya adalah parasit untuk bakteri yang memakannya.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Fakta Tentang Luar Angkasa

Saat agen infeksi ini benar-benar musnah, maka sejumlah populasi bakteri bisa berkembang dengan amat cepat sehingga dapat mengakibatkan tumbuhnya patogen penyebab penyakit. Patogen ini bisa menyebabkan kematian bagi hewan-hewan tertentu.

Hal tersebut dikarenakan dia dapat membunuh sejumlah 20-50 % bakteri laut tiap harinya.

Dengan membunuh bakteri, mereka memastikan kalau plankton membuat oksigen dengan nutrisi yang pas demi proses fotosisntesis, untuk mempertahankan populasi kehidupan di bumi.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Ampuh Membunuh Kuman Dan Vhirus

Virus mengontrol jumlah spesies

Sudah banyak diketahui jika jumlah suatu spesies sangat banyak, maka mereka akan datang dan mengurangi jumlah spesies tersebut. Berlaku bagi semua makhluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan, bahkan juga manusia.

Jumlah populasi suatu spesies yang banyak akan cenderung membuatnya berkembang biak dengan sangat cepat.

Maka ketika virus menghilang, spesies yang bersaing memiliki peluang lebih besar untuk dapat berkembang. Hal ini tentu akan mengabkibatkan kerugian untuk spesies yang lain.

Jaga Kesehatan
Foto: pikiranrakyat.com

Peran virus untuk kesehatan manusia

Infeksi dari virus tertentu akan membantu seseorang menghentikan patogen khusus. Terdapat vhirus yang jika dimasukkan dalam darah manusia dengan tujuan mengecilkan perkembangan penyakit tertentu.

ARTIKEL TERKAIT •
Setelah Melalui Sterilisasi, Masjid Haram dan Masjid Nabawi Dibuka Kembali

Contohnya virus GB C yang mana jika seseorang ditularkan maka resiko kematian akibat terinfeksi EBOLA akan kecil dibandingkan seseorang yang tidak ditularkan.

Beberapa viruss tertentu juga bisa dimanfaatkan menjadi pengobatan paling ampuh untuk mengobati penyakit-penyakit yang berbahaya.

Mempengaruhi potensi evolusi seluruh kehidupan

Perlu diketahui, saat ini manusia sedang berada pada kondisi keseimbangan yang bisa dikatakan sempurna. Tidak semua virus itu membahayakan manusia, bahkan mayoritas menguntungkan manusia.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Penyebab Penyakit, Ini Perbedaan Bakteri Dan Virus

Beberapa virus tertentu bertugas melindungi kesehatan organisme, seperti jamur, serangga, tumbuhan, dan manusia.

Kita terlalu menganggap virus itu jahat, padahal tidak semuanya membahayakan diri. Jika virus tidak ada di dunia ini, maka kehidupan pasti tidak akan berlanjut lagi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.