Apa yang Terjadi Kalau Manusia Dapat Bernafas di Bawah Laut?

in ,
Dapatkah Manusia Bernafas Di Bawah Laut
Dapatkah Manusia Bernafas Di Bawah Laut

Di dunia ini semua hal bisa terjadi, bahkan sesuatu yang dikira tidak mungkin, dapat dilakukan walaupun kemungkinannya sedikit. Seperti apa yang terjadi jika manusia dapat bernafas di bawah laut? Apakah manusia dapat hidup seperti ikan? Nggak ada yang tahu.

Kalau hal itu bisa terjadi, kita mungkin akan mudah untuk berenang ke dasar laut menyebrangi terumbu karang dan bertemu dengan hewan-hewan yang hidup di permukaan laut tanpa takut kehabisan nafas.

Dan mungkin kita akan melihat betapa indahnya pemandangan yang ada di dasar laut atau melihat betapa tercemarnya lautan yang diakibatkan oleh perbuatan manusia yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Teori Tentang Bajak Laut Yang Menggunakan Penutup Mata Bukan Karena Cedera

Bernafas Di Dalam Air
Ilustrasi bernafas di dalam air | jadiberita.com

Dapatkah manusia bernafas di bawah laut?

Akan tetapi, ternyata makhluk seperti kita tidak akan cocok untuk bernafas di bawah laut lebih lama, apalagi untuk hidup disana. Hal ini karena ada bagian anggota tubuh kita yang tidak bisa menyesuaikan diri untuk bernafas dengan waktu yang lama.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Mudah Mengambil hati Orang Introvert, Kamu Pasti Bisa!

Manusia tidak sama dengan makhluk hidup lainnya yang tinggal di laut. Manusia tidak memiliki cukup lemak subkutan dan bulu tubuh untuk meyakinkan tubuh tak berubah ketika berada lebih lama di bawah air.

Faktor lainnya, manusia memiliki mata yang tidak peka terhadap cahaya, makanya mata manusia susah untuk melihat dengan baik di bawah air. Nah, faktor itulah yang memungkinkan manusia tidak dapat bernafas di bawah laut

Baca Juga: Kimochi, Kimochi” Ini Arti Sebenarnya Dari Kata Tersebut, Jangan Salah Kaprah Lagi

Hal itu karena semakin dalam manusia berenang ke bawah laut, maka cahaya akan semakin gelap, yang terlihat hanyalah cahaya hitam tebal.

Indra penglihatan dan pendengaran manusia dirancang untuk dapat bekerja di udara, sehingga untuk melakukan komunikasi di bawah air tidaklah mudah. Yang ada kita hanya berkomunikasi dengan bahasa isyarat tangan atau gerakan tubuh lainnya saja.

Dan sudah pasti barang-barang elektronik yang memerlukan unsur listrik tidak akan bisa digunakan.

Baca Juga: Kenapa Tubuh Semakin Menyusut Saat Usia Lansia?

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Ada Laki-Laki yang Bilang Kamu Nggak Menarik, Maka Ingatlah 5 Hal Ini

Jika Bisa!!

Tapi nih, jika manusia bisa bernafas di bawah laut ada keuntungannya juga. Seperti tak akan ada lagi yang tenggelam saat banjir atau terbawa arus kuat, atau kita bisa memanfaatkan jalur air untuk bepergian.

Baca Juga: 5 Hewan Laut Yang Menjadi Karakter Di Kartun Spongebob

Jika saja manusia memiliki kemampuan untuk bernafas di dalam air, maka sudah pasti akan merubah kehidupan manusia di dunia ini. Mungkin mereka akan lebih banyak berenang, atau memanfaatkan air sebaik mungkin.

Kalau kamu, apa yang kamu lakukan jika kemungkinan ini bisa terjadi?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.