5 Trik Agar Bisa Mendapatkan Waktu Tidur Yang Efektif & Berkualitas

in
Enjoying A More Comfortable Sleep Apnea Treatment
Pria tidur nyenyak | My Dentist

Memiliki kualitas tidur yang baik, sangatlah kita butuhkan. Dengan memiliki waktu tidur yang super berkualitas, badanpun menjadi sehat.

Namun seringkali kita melihat atau bahkan kita sendiri, jarang memiliki waktu tidur yang cukup apalagi berkualitas. Dan sekali lagi, hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan kita.

Lalau bagaimana nih supaya kita memiliki waktu tidur yang super berkualitas? Berikut adalah tips & trik-nya.

1. Buat Jadwal Tetap

Istock 1151100872
Jadwalin Tidur dan Bangunnya | Hackensack Meridian Health

Sama hal-nya seperti kita bekerja, bermain, dan lain-lain, biasakan untuk juga memberikan jadwal tidur dan bangun tidur kita.

Dan kalau sudah dijadwalkan, katakanlah tidur setiap jam 12 malam dan bangun jam 9 pagi, maka biasakan untuk naik ke atas tempat tidur di jam tersebut. Bahkan, kalau perlu setengah jam sebelumnya.

Awal-awal mungkin repot atau susah atau bahkan, masih sering telat-telat, tapi percayalah guys. Apabila kita rutin melakukannya, tubuh kita secara alami akan langsung menyesuaikan diri dengan jadwal yang telah kita buat tersebut.

2. Hindari Napping

Female Nap Couch 1296x728 Header 1296x7281 1
Napping | Healthline

Atau kalau di bahasa kita sehari-hari, “tidur-tiduran”, gak dipungkiri bahwa kegiatan ini emangbagus untuk menghilangkan rasa lelah di tubuh kita walau mungkin hanya beberapa menit saja.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

Tapi seperti yang dilansir dari Curious Mob, justru kalau bisa, mending gak usah deh melakukan napping apalagi sampai ketiduran. Karena apabila kita melakukannya, otomatis akan mengganggu siklus tidur alamiah kita.

Perlu diingat, kalau kita gak tidur siang (mau itu sekedar nap atau full sleep), ketika malam tiba, kitapun akan dengan sangat gampang “tewas” karena tubuh sudah merasa super kelelahan. Kalau emang kamu tipe yang gak bisa kalau gak napping, usahakan selama-lamanya, adalah 30 menit saja.

3. Olahraga Secara Teratur

Running Travel
Jangan males olahraga ya! | Nomadic Matt

Ini sih logika aja guys. Ketika kita olahraga, pasti terkahir-terakhirnya kita akan kecapean banget.

Nah pas kita udah cape banget, otomatis ketika tidur, kita akan langsung terlelap dalam sekejap. Jadi ayo guys! Mulai rajin lagi ya olahraga-nya!

4. Tidur di Ruangan Sejuk atau Dingin

Hildren Sleeping In Ac Room Secvpf
Tidur pakai AC | Review Bird

Kita mungkin sering merasakan kalau tidur di kamar / ruangan yang gak pake AC, jadi susah tidurnya. Nah pas di ruangan AC, kita jadi sangat nyenyak.

Well, faktanya secara ilmu kesehatan, memang hal tersebut wajar dan logis banget. Seperti yang dilansir dari CuriousMob, tubuh (baca: temperatur alaminya), memanglah harus dalam keadaan sejuk (cooling down) untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

Apabila kita sebelum tidur atau pas naik ke tempat tidur, keadaan temperatur alamiah tubuh hangat atau panas banget (entah karena kegerahan atau sedang demam), ya dijamin mau pakai trik apapun, bakalan susha deh tidurnya.

Jadi pastiin untuk tidur di ruangan yang membuat tubuhmu sejuk atau dingin ya!

5. Jauhkan Aktivitas Elektronik

Pillow For Watching Tv In Bed
Jangan nonton sebelum tidur | Freedom Action

Gue yakin banget nih, pasti banyak dari kita yang masih sering begini. Gak harus nonton TV atau DVD. Banyak dari kita yang sebelum tidur main PS sebentar dulu atau chatting WA beberapa jam.

Tau gak sih guys? Aktifitas ini justru gak bagus banget kalau dilakuin sebelum tidur. Seperti yang dilansir dari CuriousMob, hal ini dikarenakan blue screen atau pancaran cahaya layar dari benda-benda elektronik tersebut, justru akan membuat mata menahan otak yang sudah ingin tidur.

Jadi ya kalau udah di atas tempat tidur, ya tidur aja deh. Kan masih ada hari esok pagi atau siang untuk nonton atau main PS-nya. Smeoga tips-nya bermanfaat ya guys!

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Kamu Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur, Jika Ingin Kualitas Tidur Kamu Tidak Terganggu

Berikan Nilai Untuk Konten ini