menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comFoodpediaBenarkah Cabai Rawit Dapat Menyembuhkan Sariawan?

Benarkah Cabai Rawit Dapat Menyembuhkan Sariawan?

Apakah Cabai Rawit Bisa Menyembuhkan Penyakit Sariawan
Apakah Cabai Rawit Bisa Menyembuhkan Penyakit Sariawan

Cabai rawit merupakan salah satu makanan pelengkap yang sangat diminati banyak masyarakat Indonesia. Karena lidah masyarakat Indonesia suka yang pedas-pedas, sehingga banyak olahan makanan khas Indonesia yang menambahkan cabai untuk memberikan rasa berbeda pada makanan tersebut.

Seperti bakso, mie ayam, sop soto, bakmi, dan makanan lainnya. Pastinya kamu pernahkan mengonsumsi salah satu makanan tersebut dan mencampurkannya dengan cabai rawit? Kalau pernah, berarti kita sama.

Baca Juga: Akibat Sering Makan Pedas, Wanita Ini Masuk Rumah Sakit, Ia Menyesal

Cabai rawit dapat menyembuhkan sariawan?

Penyakit Sariawan
Penyakit sariawan | Halodoc.com

Tak sedikit juga orang yang mengatakan kalau mengonsumsi rawit dapat mengatasi penyakit sariawan. Namun, apakah pernyataan tersebut memang benar terbukti? Ternyata asumsi tersebut tidaklah benar dan hanya bersifat mitos saja.

Perlu diketahui, cabai rawit mengandung zat berupa kapsaisin dan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Dan kedua kandungan tersebut disebutkan ampuh untuk mengatasi penyakit sariawan. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang terbukti yang membenarkan pernyataan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Akibat Sering Makan Pedas, Wanita Ini Masuk Rumah Sakit, Ia Menyesal

Berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan kapsaisin yang terdapat pada cabai dapat membantu seseorang menyembuhkan penyakit sariawan yang ia derita. Akan tetapi, hal tersebut belum dikatakan sebagai pengobatan yang dapat digunakan. Hal ini karena kandungan kapsaisin bisa menimbulkan efek membakar yang cukup tinggi.

Sebaiknya dihindari

Mie Pedas
Mie pedas | Viva.co.id

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan bagi kamu yang menderita sariawan untuk tidak memakan makanan yang pedas. Pasalnya, makanan pedas hanya akan membuat penyakit sariawan semakin parah.

Baca Juga: Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung cabai rawit, maka mulutmu akan merasakan sensasi pedas yang mana hanya akan menimbulkan luka pada rongga-rongga mulut. Iritasi tersebut akan membuat jaringan yang terletak di bawah mulut merasakan efek terbakar dan menyebabkan peradangan.

Daripada mengonsumsi makanan cabai rawit, lebih baik kamu menggunakan cara alami untuk mengatasi sariawan. Seperti berkumur menggunakan air garam, madu, yoghurt, lidah buaya atau menggunakan es batu.

Add comment