5 Manfaat Sehat Makan Yang Pedas-Pedas

in
manfaat sehat makan pedas-pedas

Berikut adalah 5 manfaat sehat dari makan yang pedas-pedas.

Gue masih heran, kenapa ya di dunia ini ada orang yang gak suka atau gak tahan pedas? Memang sih rasanya sangat “menggelitik”. Tapi faktanya juga menyimpan manfaat positif loh.

Dan manfaat yang dimaksud tentunya adalah manfaat sehat. Dan berikut, adalah 5 manfaat sehat dari makan pedas-pedas tersebut.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat sehat dari makan pedas-pedas yang pertama, adalah bisa menurunkan berat badan kita.

Menurut sebuah studi, sensasi panas dari capsaicin mendorong stimulasi lemak cokelat yang alhasil membuat kinerja metabolisme tubuh melonjak hingga lima persen.

Nah dengan peningkatan kerja metabolisme tubuh tersebut, otomatis, hal ini akan menghasilkan pembakaran lemak yang lebih optimal, yaitu 16 persen.

Distudi lain juga terungkap bahwa, apabila kita makan cabai pedas dalam jumlah banyak, hal ini akan mempengaruhi penurunan nafsu makan dan juga, meningkatnya pembakaran kalori di dalam tubuh.

2. Kesehatan Jantung Yang Lebih Baik

Studi menunjukkan kalau kita sering / hobi makan pedas, akan mengurangi potensi serangan stroke dan jantung.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Membuat Kaget Orang Jepang

Hal ini dikarenakan capsaicin dalam cabai, sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh kita.

Tentunya seperti kita ketahui, apabila tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh menurun, maka sangat dipastikan kita akan terhindar dari penyakit jantung.

3. Panjang Umur

Insya Allah, apabila kita selama ini suka makan pedas, usia hidup kita akan jauh lebih panjang dan lama.

Melansir Health, pernyataan tersebut yang pertama kali menyimpulkan adalah para peneliti di Cina.

Spesifiknya, hasil penelitian menyimpulkan bahwa orang-orang yang makan makanan pedas hampir setiap hari, memiliki 14% penurunan risiko kematian.

Juga mereka yang makan pedasnya hanya dua kali seminggu pun, mampu menurunkan risiko kematian hingga 10 persen.

4. Mencegah Kanker

Menurt American Association for Cancer Research, senyawa capsaicin bisa mematikan beberapa jenis kanker dan sel leukemik.

Mereka juga menemukan bahwa capsaicin, mampu membunuh 80 persen kanker prostat, tanpa membahayakan sel-sel normal di sekitarnya.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kebiasaan Orang Indonesia Yang Membuat Kaget Orang Jepang

5. Meringankan Sinusitis

Capsaicin pada cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan dalam banyak ramuan obat dekongestan.

Dekongestan seperti kita tahu, adalah zat yang mampu meringjankan hidung mampet. Dan zat ini biasanya tertulis di berbagai produk obat flu.

Jadi apabila kamu memang penderita sinus (apalagi yang parah banget), langsung deh makan pedas yang sepedas-pedasnya. Agar, ingus di hidung meler banyak, dan sinus pun bisa menghilang. Semoga pembahasannya bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini