Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

in
Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala, Fakta atau Mitos?
Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala, Fakta atau Mitos?

Sebagian orang yang suka dengan makan makanan yang pedas. Mereka menganggap makanan tersebut dapat menyembuhkan beberapa gejala kesehatan. Seperti. menghilangkan rasa sakit kepala, migrain, dan flu.

Makanan pedas juga diklaim mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, belum jelas bagaimana hal ini dapat terjadi.

Benarkah makanan pedas dapat menghilangkan rasa sakit kepala?

062663500 1558673249 Istock 687758388
Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala, Fakta atau Mitos? |liputan6

Makanan yang pedasnya berasal dari cabai mengandung senyawa kapsaisin, yakni suatu zat pada cabai yang menimbulkan rasa/sensasi pedas.

Fakta ini juga berdasarkan sebuah penelitian, kenapa makanan pedas sering dianjurkan untuk mengatasi sakit kepala.

Penelitian yang telah dilakukan oleh American Academy of Neurology menyebutkan, penggunaan semprotan kapsaisin hidung (nasal spray) dapat mengurangi sakit kepala seperti migrain dan sakit kepala klaster dengan cepat.

Bahkan makanan pedas juga dijadikan menu andalan ketika rasa sakit kepala kambuh. Dan percaya atau tidak hal tersebut telah dibuktikan dalam beberapa penelitian.

Makanan pedas juga diangap mampu meningkatkan sistem imun

090331000 1517491490 Awas Sakit Kepala Gejala Adanya Penyakit Serius By Esb Professional Shutterstock
Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala, Fakta atau Mitos? |klikdokter

Journal of Headache and Pain, menyebutkan bahwa ketika kamu mengonsumsi makanan dengan rasa pedas, saraf lidah kamu akan memberikannya sinyal rasa pedas  dalam bentuk rasa sakit dan panas ke otak.

ARTIKEL TERKAIT •
Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal

Kemudian yang menerima sinyal rasa pedas ini disebut dengan transient receptor potencial (TRP). Bagian otak ini berperan dalam merangsang berbagai sensasi, seperti sensasi panas, rasa sakit, dingin, dan hangat. Hal ini yang membuat daya tahan tubuh meningkat setelah makan makanan pedas, karena tubuh menganggapnya sebagai rasa nyeri yang harus dihilangkan.

Kemudian, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sesaat setelah makan pedas, karena yang tubuh tahu hanyalah bagaimana caranya untuk menekan rasa sakit yang kamu sebut rasa pedas, dengan sistem imun yang dimiliki.


Setelah mengetahui fakta penelitian di atas, tidak berarti kita harus mengonsumsi makanan pedas setiap kali sakit kepala datang. Jangan sekali-kali tergantung pada makanan pedas segeralah periksa diri ke dokter agar tidak menjadi parah. Baca juga 6 Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Pedas(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini