menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comNewspediaMengapa sih Mata Anak Kucing Masih Tertutup saat Baru Lahir?

Mengapa sih Mata Anak Kucing Masih Tertutup saat Baru Lahir?

Mengapa Mata Anak Kucing Baru Lahir Tertutup
Mata Anak Kucing Baru Lahir Tertutup (Istimewa)

Kok matanya tertutup sih?

Bagi kamu yang memiliki kucing berjenis kelamin perempuan dan tengah hamil, pastinya sangat menantikan kelahiran anak-anak kucing yang sangat lucu dan menggemaskan. Untuk yang tidak mengetahui, mungkin akan bingung saat melihat mata semua anak kucing yang baru lahir tertutup. Apakah mereka buta atau bagaimana?

Kenyataannya bukan seperti itu. Semua kucing yang dilahirkan pasti bagian matanya akan tertutup. Hal itu dilakukan supaya mata mereka bisa terus berkembang. Tidak hanya kucing dewasa yang sensitif terhadap cahaya, namun anak kucing pun juga merasakannya.

Karena alasan itulah yang membuat mereka belum membuka matanya sampai waktunya tiba.

Lantas, kapan mata anak kucing terbuka?

Kapan Mata Anak Kucing Terbuka
Kapan mata anak kucing terbuka (Istimewa)

Anak kucing yang baru lahir biasanya akan membuka matanya saat minggu pertama hingga usia sepuluh hari ke atas. Namun, mereka tidak akan membuka matanya langsung lebar-lebar. Di awal-awal, mereka akan terlihat cenderung menyipitkan matanya.

Akan ada waktunya di saat mereka sudah terbiasa dengan cahaya dan kegelapan, barulah anak-anak kucing tersebut akan membuka mata mereka secara berangsur-angsur.

ARTIKEL TERKAIT •
Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

Untuk itulah, jangan sampai kita malah membuka paksa matanya, karena itu merupakan hal yang biasa terjadi. Yang ada malah nantinya akan menyakiti si kucing. Apalagi jika kamu memegang mata mereka, bisa menyebabkan infeksi mata, hal itu karena daya tahan tubuhnya yang masih sangat lemah

Di usianya yang ke-2 minggu, mata anak kucing akan berusaha beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal itu menandakan matanya akan terbuka menuju tahap akhir.

Warna matanya akan berubah

Warna Mata Kucing Akan Berubah
Warna mata kucing akan berubah (Istimewa)

Perlu kita ketahui, semua anak kucing yang baru lahir itu tidak bisa melihat, tidak bisa mendengar, tidak bisa makan sendiri, dan tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Selain itu, anak kucing yang baru lahir cenderung memiliki warna mata biru keabu-abuan. Namun, seiring dengan perkembangan usianya, mata mereka akan berubah dengan warna yang berbeda.

Biasanya akan berubah saat usianya di sekitar minggu ke enam hingga dewasa.

Add comment