menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Kesehatan 3 Alasan Olahraga Berlebihan Tidak Baik Bagi Tubuh

3 Alasan Olahraga Berlebihan Tidak Baik Bagi Tubuh

Alasan Olahraga Berlebihan tidak baik

Berikut adalah 3 alasan utama kenapa olahraga berlebihan tidak baik bagi tubuh kita.

Gak dipungkiri, berolahraga adalah kegiatan yang sangat dianjurkan bahkan, diwajibkan oleh dokter dan ahli kesehatan lainnya. Tujuannya tentu agar raga kita selalu sehat dan, terhindar dari berbagai penyakit.

Tapi gokilnya, kita masih saja sering melihat banyak orang yang justru ketika olahraga, ia melakukannya dengan sangat berlebihan (over). Kebanyakan padangan mereka, makin berat, makin banyak keluar keringat, makin sehat.

Walau logika tersebut terasa masuk akal, namun faktanya hal ini salah besar. Justru, apabila kita olahraga berlebihan atau terlalu berat, akan berakibat tidak baik bagi tubuh kita. Pokoknya fatal deh.

Dan berikut, adalah 3 alasan utama kenapa olahraga berlebihan, tidaklah baik bagi tubuh kita.

1. Tubuh Terasa Kian Melemah

Jika kamu berolahraga secara berlebihan sampai-sampai, tak memberikan waktu bagi tubuh untuk istirahat dulu sejenak, yanga ada nih, justru akan membuat tubuh kita cepat lemah / lemas.

2. Mengganggu Sistem Metabolisme

Loh kok? Ya kamu gak salah baca sama sekali.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Spesifiknya, apabila kita berolahraga terlalu berlebihan, Hormon kortisol yang dihasilkan, biasanya juga akan tinggi dan banyak banget. Hal ini sekali lagi justru gak bagus sama sekali.

Spesifiknya, akan mengganggu sistem metabolisme kita. Spesifiknya lagi, kalori yang terbakar bukanlah dalam jumlah yang seharusnya.

3. Lebih Gampang Depresi Dan Marah-Marah

Ketika kita berolahraga secara berlebihan, tentunya akan membuat tubuh kita menjadi sangat lelah (cape banget).

Nah ketika badan kita cape secape-capenya, yang ada kualitas tidur kita menjadi sangat terganggu.Dan apabila kualitas tidur terganggu, akan membuat kita lebih cepat emosi (terutama marah-marah).

Dan juga apabika tidur kurang, akan membuat depresi menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Jadi apabila hal-hal ini tidka ingin terjadi di diri. Yuk mulai sekarang, berolahraga yang sewajarnya saja.

Apalagi, kita-kita yang jarang banget olahraga dan baru mau olahraga lagi. Jangan langsung porsir berat banget. Yang ada nantinya akan membuat tubuh kamu pegal-pegal atau bahkan sakit-sakit.

Slow-slow saja dulu. Nantinya kalau memang sudah rutin banget, baru deh, meninggikan level nya. Ya seperti main game saja gitu. Semoga pembahasannya bermanfaat ya guys!

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks