menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comSainsPedia7 Bagian Tubuh yang Masih Aktif Walaupun kita Sudah Meninggal

7 Bagian Tubuh yang Masih Aktif Walaupun kita Sudah Meninggal

Bagian Tubuh Yang Masih Tetap Aktif Meskipun Kita Sudah Meninggal
Bagian Tubuh Yang Masih Tetap Aktif Meskipun Kita Sudah Meninggal

Pada umumnya cara dokter untuk menentukan apakah seseorang sudah meninggal dunia adalah dengan memeriksa detak jantung dan denyut nadi di tangan. Jika kedua hal itu tidak ada lagi, maka sudah dipastikan orang itu sudah tidak hidup atau wafat.

Walaupun secara raga dan jiwa sudah tiada, namun ternyata ada beberapa bagian tubuh yang masih aktif lho meskipun kita sudah meninggal. Mungkin yang sering kita dengar adalah bagian rambut dan sel-sel kulit.

Faktanya, ternyata masih ada beberapa bagian tubuh lainnya yang masih tetap bekerja meskipun kita sudah meninggal loh. Apa saja itu? Simak yuk uraiannya di bawah ini.

1. Rambut dan kuku

Rambut Dan Kuku
Rambut dan kuku | kompas.com

Kuku dan rambut masih dapat memanjang meskipun kita sudah meninggal dunia. Namun, apa alasan yang mendasarinya?

Walau secara teknis rambut dan kuku bisa tumbuh panjang, akan tetapi yang terjadi sebenarnya ialah adanya penyusutan tingkat kelembapan pada kulit seseorang yang telah meninggal yang kemudian membuat kulit akan jadi mengkerut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisah Wanita Berusaha Tegar Mengetahui Calon Suami Meninggal 16 Jam Sebelum Nikah

Baca Juga: 5 Hal Ini Yang Akan Terjadi Kalau Bumi Kehilangan Oksigen Selama 5 Detik

Karena kulit yang jadi mengekrut itulah yang membuat rambut dan kuku terlihat jadi bertambah panjang. Karena yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan rambut dan kuku baru adalah protein dan zat lainnya. Saat jiwa raga sudah tak ada lagi, tubuh tidak lagi memproduksi zat tersebut.

2. Otak

Otak
Otak | republika.co.id

Bagian tubuh selanjutnya yang masih tetap aktif meskipun seseorang sudah meninggal adalah otak. Dalam keadaan normal, otak yang tidak mendapat asupan oksigen akan mengalami kerusakan.

Akan tetapi, perkembangan dunia medis yang semakin modern, pemberian obat-obat tertentu bisa membuat otak tetap bekerja selama beberapa hari walau yang punya otaknya sudah meninggal dunia.

3. Sel-Sel Kulit

Sel Sel Kulit
Sel-sel kulit | kompas.com

Berbeda dengan sel-sel otak yang tak bisa hidup karena tidak ada pasukan oksigen, sel-sel kulit masih terus hidup meskipun tidak ada supply oksigen melalui peredaran darah.

Karena sel-sel kulit memiliki kemampuan menyerap cairan yang berada di sekitarnya. Dengan nutrisi itulah membuat sel-sel kulit bisa terus hidup hingga lebih lama.

ARTIKEL TERKAIT •
Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, Mbah Kung 'Kakek Sugiono Indonesia' Meninggal Dunia

4. Aktivitas Pencernaan

Proses Pencernaan
Proses pencernaan | tribunnews.com

Tidak ada yang mengetahui kapan seseorang harus menerima ajalnya. Seperti saat setelah makan, kita pun bisa menghembuskan nafas yang terakhir. So, walaupun orangnya sudah meninggal dunia, tetapi aktivitas pencernaan yang ada dalam tubuh orang itu masih tetap bekerja.

Baca Juga: Meskipun Tidak Memiliki 5 Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Hidup

Hal itu karena adanya bakteri-bakteri yang membantu aktivitas pencernaan dalam tubuh yang kemudian bisa melanjutkan aktivitas pencernaan sampai selesai. Karena itulah, orang-orang yang telah meninggal masih bisa mengeluarkan kotoran.

5. Ereksi dan ejakulasi

Bagian Tubuh Ereksi Dan Ejakulasi
Ereksi dan ejakulasi | prosehat.com

Mungkin untuk yang satu ini bisa dibilang aneh. Karena meskipun orang itu sudah meninggal, namun mereka masih bisa melakukan ereksi. Mengapa bisa demikian? Hal itu karena masih terdapatnya ion kalsium yang membangkitkan pengerasan pada otot.

Orang yang telah meninggal membran selnya bisa dengan mudah dilewati oleh berbagai ion yang ada di dalam cairan tubuh. Jika nantinya ion kalsium tersebut memasuki sel-sel otot, sehingga otot-otot pun kan mengeras, termasuk otot pada kemaluan.

ARTIKEL TERKAIT •
Fakta Sebenarnya Video Bayi Meninggal yang Kemudian Hidup Kembali Karena Doa Ibunda

6. Mengeluarkan Suara

Mengeluarkan Suara
Mengeluarkan suara | spiritriau.com

Bersuara gimana maksudnya? Apakah mereka akan mengeluaran suara dari mulutnya? Kalau benar iya, tentu ini sangat mengerikan, bukan?

Jadi maksudnya, dalam tubuh kita ini banyak terdapat cairan dan gas. Di sisi lain bakteri terus melakukan pembusukan dari dalam tubuh yang pada akhirnya proses tersebut akan menciptakan gas.

Karena terlalu banyaknya gas yang mengumpul di dalam tubuh, membuat mereka akan mencari celah agar bisa keluar. Nah, bisa saja kalau gas tersebut melewati pita suara, maka wajar saja jika mayat bisa bersuara. Contohnya seperti gumaman atau jeritan yang tentunya buat bulu kuduk jadi merinding.

7. Dapat Melahirkan

Dapat Melahirkan
Dapat melahirkan | sinarpost.com

Sudah banyak kasus di luar sana yang membuktikan orang yang meninggal masih bisa melahirkan. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Di zaman dulu, cara untuk menyelamatkan bayi di dalam perut ibu hamil yang sudah meninggal dunia masih belum ditemukan. Kalau tidak segera dikubur, maka akan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Yaitu bayi tersebut akan terlahir di dalam peti mati tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisah Bayi Baru Lahir Meninggal, Kemudian Hidup Kembali, Sang Ibu tak Kuasa Menahan Tangis

Hal tersebut diakibatkan setelah jiwa seseorang telah tiada, tekanan gas dari dalam perut ibu hamil cukup tinggi. Sedangkan dalam waktu serentak, daging sang ibu mulai melunak. Keadaan itu akan membuat janin jadi terdorong keluar. Sehingga mayat tersebut dikatakan bisa melahirkan.

Baca Juga: Berapa Lama Otak Mampu Bertahan Ketika Jantung Berhenti Berdetak?


Nah, itulah dia 7 bagian tubuh manusia yang masih terus aktif meskipun kita suddah meninggal dunia. Menurutmu, hal yang luar biasa atau malah buat ngeri?

Add comment