Menggunakan Smartphone Berlebihan Ternyata Bisa Merubah Struktur Otak Loh!

in
Smart[hone Otak

AWAS! Menggunakan smartphone berlebihan, ternyata bisa menrubah struktur otak kita loh!

Di era seperti sekarang ini, sangat mustahil rasanya untuk tidak hidup tanpa menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

Hampir semua aspek kehidupan seperti: Bersosialisasi, bekerja, belajar, apapun itu, gak bisa lepas banget dari yang namanya smartphone. Memang kalau dipikir gila tapi, kenyataan di lapangan memang demikian adanya.

Alhasil gak heran jika pada akhirnya, penggunaan smartphone pun menjadi sangat tinggi bahkan, berlebihan. Dan mungkin banyak dari kita yang seperti ini bukan?

Bahkan seperti survey yang didapatkan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), sebanyak 98,2 persen pengguna smartphone, menghabiskan rata-rata 7 jam dengan gadget nya. Sudah sama seperti waktu tidur guys!

Bisa Merubah Struktur Otak

Nah kalau kamu adalah salah satu yang demikian, wah sebaiknya hentikan deh guys. Karena seperti yang ditemukan baru-baru ini oleh para peneliti di Heidelberg University, Jerman, terungkap kalau pengunaan smartphone berlebih, bisa menyebabkan terjadinya perbedaan struktur pada otak kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Manusia Hanya Menggunakan 10 Persen Otaknya?

Penemuan ini terungkap setelah dilakukan pindai MRI terhadap otak 22 partisipan yang “kecandua” smartphone dan 26 yang tidak kecanduan atau normal-normal saja.

Dan partisipan ini jangakauan usianya adalah antara 18-30 tahun serta yang tidak memiliki gangguan kesehatan fisik, mental, atau neurologis lainnya.

Dan sebagai patokan penelitian, pemindai otak akan mendeteksi perbedaan volume materi abu-abu di otak mereka. Dan dari penelitiannya, terungkap mereka yang candu smartphone, jumlah materi abu-abunya terpengaruh dengan sangat signifikan.

Lebih jauhnya lagi, mereka yang kecanduan smartphone, kinerja pada korteks cingulate anterior atau, wilayah otak yang dapat memprediksi berbagai perilaku dan proses kognitif, mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Materi abu-abu yang dari tadi disinggung, adalah lapisan terluar otak yang berperan penting dalam memori, perhatian, pikiran, bahasa, dan alam sadar. 

Masih Belum Fix 100%

Walau hasilnya ini telah ditemukan, namun menurut mereka, penelitian ini masih harus terus digali lebih jauh untuk benar-benar 100% memastikan apakah perbedaan volume otak-nya memang benar dikarenakan penggunaan smartphone atau karena ada gangguan lain.

ARTIKEL TERKAIT •
Selain Meningitis, Inilah 3 Infeksi Otak Berbahaya Lain yang Bisa Menyerang Otak Manusia

Pokoknya sih mau udah fix atau belum, satu hal yang perlu ditekankan disini. Jangan menggunakan smartphone secara berlebihan banget oke?

Berikan Nilai Untuk Konten ini