Sehatpedia

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus

Setidaknya terdapat 5 penyakit yang disebabkan oleh tikus. Tentu saja penyakit tersebut sangat berbahaya, lho.

Tikus merupakan hewan pengerat yang mungkin paling banyak kita jumpai. Mereka biasanya mencari makan di sekitar rumah, tak jarang masuk ke rumah kita. Jika sudah begitu, perabotan rumah kita bisa berantakan dan terkadang ada bekas gigitan tikus pada makanan kita.

Hal ini tak boleh dibiarkan terus menerus, sebab tikus merupakan salah satu hewan penyebar bibit penyakit. Penyakit yang disebarkan oleh tikus bahkan merupakan penyakit-penyakit berbahaya.

Penyakit yang Disebabkan oleh Tikus

1. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Penyakit yang disebabkan oleh Tikus Hantavirus
Hentavirus | scientificanimations

Penyakit ini merupakan penyakit pernapasan serius yang disebabkan oleh urin, kotoran, air liur dan juga giginya. Seseorang bisa terkena penyakit ini jika terkontaminasi secara langsung dengan sarang dan kotoran tikus. Terlebih jika mengkonsumsi makanan yang pernah dihinggap atau digigit oleh tikus.

Partikel dari urin, kotoran dan air liur tikus yang terhirup pun memungkinkan seseorang akan terkena penyakit ini. Gejala HPS mirip dengan gejala flu, yaitu sakit kepala, demam, diare, batuk dan sesak napas.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Dampaknya Bagi Tubuh Jika Kita Sering Menahan Kentut

2. Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome

Penyakit yang disebabkan oleh tikus
HFRS | multimedia.elsevier

Penyakit ini terjadi akibat tersebarnya udara yang terkontaminasi oleh partikel urin atau kotoran tikus. HFRS adalah penyakit demam yang dibarengi dengan pendarahan dan sindrom ginjal.

Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami perubahan warna kulit pada wajah dan mata yang menjadi kemerahan. Penyakit ini ditandai dengan penghilahatan buram, demam, sakit perut, sakit kepala, dan menggigil.

3. Leptospirosis

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang dibawa urin tikus atau hewan pengerat lainnya yang bernama “leptospira”. Ketika luka kita terkontaminasi oleh urin tikus, penyakit ini memungkinkan terjadi pada kita.

Penyakit ini mampu berkembang menjadi kerusakan ginjal, radang selaput otak, dan penyakit lainnya.

4. Lymphocytic Chorio-meningitis

Penyakit LCM merupakan penyakit yand disebabkan oleh virus choriomeningtis limfosik yang dibawa oleh tikus. Selain tikus, hamster juga berpotensi membawa virus ini.

Ketika kita terkontaminasi pipis tikus atau tergigit oleh tikus, kita berisiko terkena penyakit ini. Dengan gejala mual, muntah, sakit kepala, bahkan tidak selera makan.

ARTIKEL TERKAIT •
Perhatikan 5 Fakta Berikut Sebelum Menggunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan

Oleh karena itu, kita perlu menjaga kebersihan rumah agar tidak dihinggapi tikus. Dan berhati-hati jika bertemu mereka.

5. Penyakit Pes

pes alodokter
Penyakit Pes | Alodokter

Penyakit ini disebabkan oleh kutu yang dibawa oleh tikus. Nama bakteri tersebut adalah Yersina pestisia. Ketika tikus mengigit atau menyentuh kita, bakteri dari kutu tikus akan berpindah kepada kita.

Penyakit ini biasanya terjadi pada lingkungan penduduk padat yang kurang terjaga kebersihannya. Gejala dari penyakit ini yaitu adanya pembengkakan kelenjar getah bening pada leher dan ketiak. Penyakit ini juga bisa menyerang paru-paru.

Related Posts