4 Kebiasaan Sederhana ini Bisa Membuat Paru-Paru Sehat

in ,
Credit Image: Serambi Indonesia

Paru-paru merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Untuk mendapatkan oksigen, organ inilah yang berperan penting. Sebelum didistribusikan oleh darah ke seluruh tubuh, oksigen akan memasuki paru-paru terlebih dahulu.

Oksigen akan disalurkan ke seluruh tubuh karena sel-sel tubuh membutuhkan oksigen agar berfungsi dengan baik. Menjaga kesehatan paru-paru merupakan hal yang sangat wajib.

Nah, 4 Kebiasaan Sederhana ini Bisa Membuat Paru-Paru Sehat!

1. Menghindari Polutan

Di kota-kota besar, banyak polutan atau bahan yang mengakibatkan polusi. Jika kita sedang berada di tempat-tempat seperti ini, gunakanlah masker, agar kotoran dan debu penyebab polusi tidak langsung ke area pernapasan kita.

Begitu pula dengan asap rokok, sebaiknya kita menghindari tempat-tempat perokok atau orang-orang yang sedang merokok. Asap rokok yang kita hirup dari orang lain, dikatakan lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif itu sendiri.

Di rumah pun demikian, rajin-rajinlah membersihkan perabotan rumah dari debu, sebaiknya memang menggunakan penyedot debu dibandingkan dengan pembersih debu.

2. Bernapas Dalam-Dalam

Menurut penelitian, jika kita bernapas dalam-dalam selama 2-5 menit, jumlah udara maksimum yang kita hembuskan dari paru-paru, bisa mengalami peningkatan.

ARTIKEL TERKAIT •
Saat Menggunakan Masker, Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya

Bernapas dalam-dalam memiliki fungsi yang baik bagi paru-paru. Napas yang dalam berasal dari diafragma di perut, ketika kita latihan napas dalam-dalam, kita bisa melihat turun naiknya perut kita.

Bernapas juga bermanfaat untuk membantu kita lebih santai dan mengurangi stress.

3. Rutin Berolahraga

Bukan hanya jantung yang bekerja lebih keras ketika kita berolahraga, ternyata paru-paru pun demikian. Tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk otot ketika kita berolahraga.

Itu sebabnya, selain menyehatkan jantung, olahraga juga menjaga kesehatan paru-paru.

4. Menghindari Infeksi

Infeksi bisa berbahaya bagi paru-paru, bahkan orang yang sehat pun, jika tidak menjaga kebersihan tangan, tetap bisa mengalami pneumonia.

Pneumonia adalah sebuah infeksi yang terjadi pada paru-paru yang disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri, atau parasit. Meskipun penyakit ini tidak mengenal usia, namun orang dengan usia lanjut usia dan anak-anak lebih rentan terjangkit infeksi ini.

Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Orang yang Sakit Wajahnya Terlihat Pucat?

Berikan Nilai Untuk Konten ini